PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI SARANA UNTUK MENCAPAI OPTIMASI PADA PROSES PRODUKSI YANG TERKENDALA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN GULA KEBON AGUNG-MALANG)

DIDIK NUR PRAMONO, 049615428 (2001) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI SARANA UNTUK MENCAPAI OPTIMASI PADA PROSES PRODUKSI YANG TERKENDALA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN GULA KEBON AGUNG-MALANG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 101-01 Pra p.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Theory Of Constraints menawarkan suatu cara untuk mengatasi keterbatasan atau kenclala yang mempengaruhi proses produksi secara dini, dengan mempelajari sarana produksi yang digunakan untuk mencapai optimasi produksi dan penghematan cIaya operasi. Melalui penerapan Theory Of Constraints dapat diketahui kendala internal dalam suatu proses produksi, sehingga dapat diambil tindakan yang diperlukan untuk memaksimumkan penggunaan sumber daya yang memiliki kendala serta penekanan persediaan pada tingkat yang seminimum mungkin yang semuanya dilakukan dalam usaha pencapaian throughput yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan mengambil obyek penelitian. pada perusahaan Gula Kebon Agung-Malang, dan mengambil lingkup pembahasan mengenai penggunaan Theory Of Constraints sebagai sarana untuk melakukan penilaian, mengoreksi, dan menimbang baik buruknya suatu perencanaan produksi serta sebagai sara.na yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan produksi dengan memanfaatkan sarana produksi yang ada seoptimal mungkin tanpa. mengorbankan kualitas produksi yang dihasilkan. Pennasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan Guia Kebon Agung-Malang berawal dari tidak terpenuhinya permintaan pasar karena aclanya kendala pada sarana produksi yang digunakan dalam hal ini adalah mesin. Kendala tersebut terjadi karena kapasitas mesin yang tersedia tidak dapat mencukupi total kebutuhan waktu produksi. Berdasarkan perhitungan rasio kendala, dapat diidentifikasikan bahwa terdapat kendala pada Mesin Defekator. Kapasitas Mesin Defekator saat ini hanya mampu memenuhi 82,25% dari total kebutuhan waktu produksi yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi seluruh permintaan pasar. Menurut perhitungan Theory Of Constraints. sumbangan throughput terbesar dari setiap produk yang akan melalui mesinJbagian produksi terkendala menjadi prioritas pertama. Hal ini dilakukan guna menjamin bahwa produksi yang dilakukan adalah produksi yang paling menguntungkan. Bila proses produksi telah optimal, narnun perusahaan belum dapat memenuhi permintaan pasar secara keseluruhan, maka masalah kendala pada Mesin Defekator harus diatasi terlebih dahulu yaitu dengan menambah jumlah mesin yang terkendala dan melakukan penjadualan aktivitas produksi sehingga kelancaran proses produksi secara keseluruhan tidak terganggu. Theory Of Constraints merupakan usaha optimasi jangka pendek dan menganggap bahwa semua variabel yang mempengaruhi adalah tetap. Bila variabel-varlabel yang mempengaruhi tersebut berubah maka hasil perhitungan dan analisis Theory OfConstraints yang telah dilakukan dapat berubah, dan untuk mengetahui seberapa besar perubahan basil perhitungan Theory Of Constraints dapat digunakan analisis sensitivitas, yang menunjukkan bagaimana perubahan berbagai variabel yang reIevan akan mempengaruhi terjadinya kendala yang berarti pula mempengarubi tingkat throughput yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3870-3918 Primary production. Extractive industries
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DIDIK NUR PRAMONO, 049615428UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:02
Last Modified: 15 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item