STUDI PERBANDINGAN PENGUJIAN SUBSTANTIF PADAAUDITING DI UNGKUNGAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK ANTARA AUDITING SEKITAR KOMPUTER DENGAN AUDITING GENERALIZED AUDIT SOFTWARE DI X Ltd.

YUNUS SURYAGIRI, 049520852IE (2000) STUDI PERBANDINGAN PENGUJIAN SUBSTANTIF PADAAUDITING DI UNGKUNGAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK ANTARA AUDITING SEKITAR KOMPUTER DENGAN AUDITING GENERALIZED AUDIT SOFTWARE DI X Ltd. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 219-00 Sur s.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengakibatkan perubahan pengolahan data yang dilakukan oleh organisasi dari sistem manual ke sistem pengolahan data secara elektronik. Dalam pengolahan data secara elektronik perusahaan menggunakan komputer atau pengolahan data untuk mencatat dokumen-dokumen perusahaan. Tujuan lingkup audit secara keseluruhan tidak mengalami perubahan dalam lingkungan pengolahan data elektronik. Namun, penggunaan suatu komputer mengubah pengolahan dan penyimpanan informasi keuangan dan dapat berdampak terhadap organisasi dan prosedur yang digunakan oleh auditor dalam memperoieh pemahaman dan melakukan pengujian pengendalian atas sistem akuntansi dan pengendalian intern yang berkaitan serta sifat, saat dan luas prosedur audit lainnya dapat dipengaruhi oleh lingkungan pengolahan data elektronik. Karena begitu kompleksnya auditing dalam tingkungan pengolahan data elektronik. Dan banyaknya teknik audit berbantuan komputer yang dapat digunakan oleh seorang auditor untuk membantu melaksanakan auditnya: Penulis dalam hal ini membatasi diri pada perbedaan pengujian substantif dari dua met ode auditing yaitu auditing disekitar komputer dan auditing dengan komputer khususnya audit yang berorientasi pada data dengan Generalized Audit Software yang dilakukan pada lingkungan pengolahan data elektronik yang terdiri dari verify data, prosedur analisa, pengujian transaksi dan pengujian atas saldo. Dimana Generalized Audit Software merupakan suatu program komputer yang dirancang khusus untuk melaksanakan fungsi-fungsi pengolahan data tertentu yang berkaitan dengan audit. Dalam pembahasan ini difokuskan prosedur pengupahan mingguan yang merupakan bagian dari sistem sumber daya manusia disamping prosedur kepegawaian pada perusahaan X Ltd .. Penggunaan Generalized audit Software (GAS) untuk audit di lingkungan pengolahan data elektronik menngharuskan auditor untuk memiliki pemahaman mengenai berbagai perintah (commands), fungsi (functions), cara mengopersikan GAS, strukturfile, dan struktur data yang dimiliki client. Yang mana pada auditing di sekitar komputer tidak diperlukan pemahaman ini. Berbagai prosedur tambahan maupun cara yang berbeda untuk melaksanakan suatu prosedur akan timbul dalam auditing dengan menggunakan Generalized Audit Software. Kecepatan dan ketepatan memperoleh hasil semakin meningkat. Sehingga suatu audit dapat dilakukan dengan lingkup yang lebih luas, lebih teliti dan dengan biaya yang lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 219-00 Sur s ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: STUDI PERBANDINGAN PENGUJIAN SUBSTANTIF PADAAUDITING DI UNGKUNGAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK ANTARA AUDITING SEKITAR KOMPUTER DENGAN AUDITING GENERALIZED AUDIT SOFTWARE DI X Ltd.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YUNUS SURYAGIRI, 049520852IEUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHANNY WUBANGIAN, Drs., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:20
Last Modified: 15 Jun 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item