GAMBARAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS PRANIKAH

AHLUL CHIKMAH YUSTISIA, 110810098 (2016) GAMBARAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MELAKUKAN HUBUNGAN SEKS PRANIKAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PSI.94-16 Yus g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kenakalan remaja, khususnya perilaku seks pranikah, pada masa sekarang sudah bukan lagi menjadi kasus baru di Indonesia dan dari tahun ke tahun terjadi peningkatan. Namun belum banyak penelitian yang membahas bagaimana gambaran kontrol diri pada remaja putri yang melakukan hubungan seks pranikah. Penelitian ini menggunakan teori Tangney, Baumeister, dan Boone (2004). Kontrol diri adalah sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memutuskan pilihannya terhadap sesuatu, dan bagaimana individu tersebut harus melakukan tindakan atau bersikap terhadap keputusan yang diambilnya (Tangney dkk, 2004). Terdapat 4 domain kontrol diri menurut Tangney dan kawan-kawan (2004), yaitu pengendalian pikiran, pengendalian emosi, pengendalian impuls, dan kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat gambaran bagaimana kontrol diri pada remaja putri yang melakukan hubungan seks pranikah. Terdapat 3 orang subyek penelitian yang diperoleh melalui teknik purposif, dan juga terdapat 3 orang significant other yang digunakan untuk triangulasi data. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis tematik pada transkrip wawancara yang telah dibuat verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat domain kontrol diri Tangney dan kawan-kawan (2004) saling berpengaruh satu sama lain. Apabila salah satu diantaranya tidak bisa terpenuhi, maka remaja putri mempunyai kontrol diri yang lemah sehingga kurang mampu atau tidak mampu mengendalikan dorongan seksnya. Walaupun banyak faktor yang bisa mengakibatkan keinginan remaja untuk melakukan hubungan seks pranikah kembali, namun faktor utamanya adalah kurangnya kontrol diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.94/16 Yus g
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, remaja putri, hubungan seks pranikah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL460 Sex Worship, Phallicism
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
AHLUL CHIKMAH YUSTISIA, 110810098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMargaretha Rehulina, S.Psi., P.G.Dip.Psych., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 22 Nov 2016 17:47
Last Modified: 19 Jun 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item