SEGMENTASI PSIKOGRAFIS SISWA CCCL (CENTRE CULTUREL ET DE COOPERATION LINGUISTIQUE)-PUSAT KEBUDAYAAN PERANCIS DI SURABAYA UNTUK MENENTUKAN MEDIA IKLAN YANG TEPAT

REZA GUNAPRIA, 049514995 (2001) SEGMENTASI PSIKOGRAFIS SISWA CCCL (CENTRE CULTUREL ET DE COOPERATION LINGUISTIQUE)-PUSAT KEBUDAYAAN PERANCIS DI SURABAYA UNTUK MENENTUKAN MEDIA IKLAN YANG TEPAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 89-01.gun s.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Segmentasi psikografis berusaha mengelompokkan konsumen ke dalam segmen-segmen psikografis yang di dalamnya terdiri dari konsumen yang mempunyai karakteristik kepribadian dan gaya hidup yang berbeda-beda, dimana dimensi gaya hidup seseorang adalah AID (Activities; how people spend their time, Interests; what they consider important in their environment, dan Opinions,' what they think of themselves and the world around them) seseorang (Assael, 1995:384). Di Indonesia, berdasarkan riset PT. Surindo Utama, sebuah biro riset milik swasta, terdapat 8 segmen perilaku gaya hidup masyarakat perkotaan., yaitu The Anxious, The Achievers, The Pushers, The AjJluents, The Socialites, The Attention Seekers, The Loners, dan The Pleasure Seekers. Menurut hasil riset biro ini, setiap segmen memiliki profil psikografis yang berbeda-beda. The Achievers misalnya, terdiri dari para pekeIja keras yang memiliki keterampilan memimpin, hanya saja cenderung tidak suka diperhatikan, atau The Socialites, yang terdiri dari orang yang senang bergaul serta pengambil resiko yang be rani dan impulsif. Penelitian ini berusaha mengelompokkan siswa CCCL (Centre Culturel et de Cooperation Linguistique -Pusat Kebudayaan Perancis) ke dalam 8 segmen tersebut dan menyusun profil psikorafis masing-masing segmen. Profil disusun berdasarkan karakteristik kepribadian dan dimensi-dimensi gaya hidup masing-masing segmen. Dalam penelitian ini, dengan menggunakan analisis cluster, komposisi segmen psikografis siswa CCCL telah dapat ditentukan, dan dengan tes independensi chi square serta tabulasi silang, profil gaya hidupnya disusun. Hasilnya adalah munculnya segmen The Anxious sebagai segmen dengan anggota terbanyak (32,2%). Proporsi segmen-segmen lainnya adalah; The Achievers (10%), The Pushers (13,3%), The Affluents (10%), The Socialltes (7,8%), The Attention Seekers (6,7%), The Loners (II, 1%), dan The Pleasure Seekers (8,9%). Masing-masing segmen teryata mempunyai profil psikografis yang berbedabeda satu sama lain. Gaya hidup masing-masing segmeen yang berbeda, ditandai dengan pola yang berbeda terhadap Activities (Aktifitas), Interests (Minat), dan Opinions (Pendapat). Informasi gaya hidup berguna bagi pemasar dengan kemampuannya membuka kemungkinan pengembangan produk baru. Selain itu juga membantu pemasar dalam pengembangan strategi promosi, diantaranya sebagai dasar untuk pemilihan media iklan dan penentuan pendekatan kreatifitas iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 89/01 Gun s FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PSYCHOGRAPHIC, MEDIA IKLAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
REZA GUNAPRIA, 049514995UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. DWI UTAMI S, Dra., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 22 Nov 2016 19:52
Last Modified: 22 Nov 2016 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item