PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN Studi Kasus pada Hotel Shangri-La di Surabaya

FERLY ARIFANI, 049711615E (2003) PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN Studi Kasus pada Hotel Shangri-La di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 89-04 Ari p.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judul "Peranan Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Studi Kasus Pada Hotel Shangri-La Surabaya ini dibuat dengan mempertimbangkan kondisi industri perhotelan dan pariwisata yang cukup memprihatinkan. Dari latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah "Apakah faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman pada Hotel Shangri-la Surabaya berdasarkan analisis SWOT" dan "Apakah strategi pemasaran yang sesuai untuk Hotel Shangri-la Surabaya berdasarkan analisis SWOT'. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fuktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Hotel Shangri-La Surabaya, kemudian merumuskan strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan analisis SWOT tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang merupakan kekuatan Hotel Shangri-La Surabaya adalah : lokasi hotel. marketing relation, bentuk arsitektur bangunan dan desain interior, nama baik hotel, kualitas pelayanan, promosi, kualitas ketja karyawan, fasilitas hotel. fasilitas ketja karyawan, serta fasilitas dan kualitas kamar. Sedangkan yang merupakan kelemahan hotel yaitu : variasi harga kamar. Peluang bagi Hotel ShangriLa Surabaya adalah : Banyaknya aktivitas perusahaan lain yang dilakukan di hotel dan nilai tukar rupiah yang berfluktuasi. Sedangkan yang merupakan ancaman bagi Hotel Shangri-La Surabaya adalah : situasi keamanan di Indonesia, banyaknya cafe dan restoran disekitar hotel. imbas wabah SARS, adanya pemilu, adanya liburan sekolah dan persaingan yang ketat antar hotel. Dengan melihat hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa posisi Hotel Shangri-La Surabaya dengan total skor IFE sebesar 3,260 dan total skor EFE sebesar 2,534 pada internal-external Matrix terletak di sel IV, dengan grand strategy yaitu build and growth. Lalu diturunkan ke tingkat generic strategy dengan melakukan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Strategi pemasaran yang sebaiknya dikembangkan yaitu strategi penciptaan produk atau jasa terbaik dan strategi solusi pelanggan. Bauran pemasaran yang diterapkan adalah untuk produk dengan menyediakan kamar dengan pelayanan yang memuaskan dengan berbagai fasilitas. Pihak marketing diharapkan dapat berupaya untuk membuat program paket kamar dengan harga yang lebih murah. Promosi lebih digencarkan dengan cara beriklan di media cetak maupun elektronik, personal selling, pemasangan billboard, dan publikasi. Dari saluran distribusi, diharapkan memperbanyak lVOrldwide sales and reservations di setiap negara yang potensial untuk memperbesar pendapatan. Meningkatkan kualitas ketja karyawan, dengan memberikan pelatihan-pelatihan berkala dan seminar, sehingga mendukung dalam proses penghantaran jasa dengan memperbatikan budaya perusahaan serta standarlsasi kualitas jasa yang ditekankan pihak hotel kepada karyawannya. Hotel Shangri-La Surabaya mempunyai hotline customer service bebas pulsa dengan nomor 0-800-31999 dan menempatkan dua orang guest relation officer dekat dengan receptionist dan lobby hotel untuk menjalin hubungan yang baik dengan tamu hotel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 89/04 Ari p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING, ANALISIS SWOT, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FERLY ARIFANI, 049711615EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHj.DWI UTAMI S, Dra.,Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 22 Nov 2016 20:00
Last Modified: 22 Nov 2016 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item