PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus)

NURDITA DWI HANDAYANI, 069712430 (2002) PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA (HgCI2) DENGAN INTERVAL PEMBERIAN YANG BERBEDA TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 53-03 HAN P.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Merkuri Klorida (HgCh) dengan dosis yang terkandung dalam kupang beras (Corbula faba) asal Pantai Kenjeran Surabaya dengan interval pemberian yang berbeda terhadap gambaran histopatologi ginjal meneit. Dalam penelitian ini digunakan 24 ekor meneit jantan strain CBR berumur kurang lebih tiga bulan sebagai hewan pereobaan yang dibagi seeara aeak menjadi empat kelompok perlakuan masing-masing perlakuan terdiri dari enam ulangan. Adapaun keempat kelompok perlakuan tersebut adalah sebagai berikut: kelompok kontrol atau PO (tanpa diberi perlakuan merkuri), kelompok perlakuan pertama atau PI (pemberian merkuri satu hari sekali), kelompok perlakuan kedua atau P2 (pemberian merkuri dua hari sekali), kelompok perlakuan ketiga atau P3 (pemberian merkuri tiga hari sekali). Pemberian perlakuan merkuri dilakuan secara per oral selama 52 hari. Raneangan penelitian yang digunakan untuk gambaran histopatologi ginjal adalah uji statistika non parametrik Kruskal Wallis, apabila menunjukkan perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji Z dengan taraf signifikan 5%. Hasil penehtian ini didapatkan bahwa pemberian ketiga perlakuan menunjukkan perbedaan yang sangat nyata terhadap perubahan gambaran histopatologi ginjaL Kemudian dari uji Z diperoleh hasi1 bahwa antara per1akuan terdapat perbedaan yang nyata, dimana perlakuan I menyebabkan perubahan gambaran histopatologi yang tertinggi yang berbeda tidak nyata dengan perlakuan II, tetapi berbeda nyata dengan kelompok perlakuan III dan kelompok kontroL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
NURDITA DWI HANDAYANI, 069712430UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSarmanu, Prof.Dr., M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Nov 2016 20:05
Last Modified: 15 Jun 2017 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item