PROFIL AKTIVITAS EKONOMI ANAK JALANAN USIA WAJIB SEKOLAH (Studi Deskripsi Pada Anak-Anak Jalanan Binaan Rumah Singgah Tunas Harapan II Surabaya)

Hendri Purnomo, 079615151 (2002) PROFIL AKTIVITAS EKONOMI ANAK JALANAN USIA WAJIB SEKOLAH (Studi Deskripsi Pada Anak-Anak Jalanan Binaan Rumah Singgah Tunas Harapan II Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ant 04-02 Pur p.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Fenomena. ana.k jalanan sea.kan tida.k pemah lepas dari kebidupan kota besar, ba.ik pada negara maju maupun negara berkembang. Kebidupan ana.k jalanan merupa.kan suatu kehidupan yang penuh dengan kekerasan dan perjuangan untuk mempertahankan hidup (survi)'ed). Bertahan hidup bukan satu-satunya tujuan utama anak jalanan. Mereka juga pWlya" eita-eita seperti anak lainnya, khususnya untuk bisa menyelesaikan sekolah. Bedanya, anak jalanan hams mencari biaya tamballan untuk dapat menyelesaikan sekolah, karena kebanyakkan mereka berasal da.ri keluarga dengan l81ar bela.kang ekonomi lemah. Untuk itulall mereka terlibat dalam aktivitas ekonomi di jalanan. Penelitian ini adalall tipe penelitian kualitatif dengan metode studi deskripsi. Penelitian kualitatif mempwlyai em penelitian latar alamiah dan studi deskripsi berupaya mengumpulkan data-data dalam bentuk kata-kata atau gambar. Data itu meliputi transkrip wawancara, catatan Japangan, foto, rekaman kaset, dokumen profillembaga dan anak jalanan binaan Rumah Singgah Tunas Harapan II, modul dan data kepustakaan yang terkait. Studi deskripsi baru akan berhasil jika peneliti dapat mengembangkan rapport (hubungan) yang baik dengan para infonnan dan responden. Studi ini menemukan ballwa keterlibatan anak dalam aktivitas ekonomi di jalanan karena rendahnya kemampuan keluarga dalam memenuhi kebutuhan dasar keluarga; eksploitasi ekonomi oleh orang tua untuk mempekeIjakan anak, dan; pengaruh lingkungan seperti keinginan dan ariak untuk mencari pengalaman, ingin mempunyai uang sendiri dan belajar hidup mandiri, serta karena adanya ajakan dari saudara atau ternan-ternan anak yang sudah terlebih dahulu turon ke jalan. Deskripsi mengenai aktivitas ekonomi anak-anak di jalanan dapat diketahui melalui gambaran kondisi umum lokasi mangkallkeIja, jenis pekeIjaan yang dilakukan, kemungkinan bahayaJrisiko pekeIjaan, situasi sosial yang dihadapi anak, aktivitas sosial-ekonomi jaJanan dan pola hubungan sosial yang terbentuk. Upaya penanganan dan pembinaan terhadap anak-ana.k jalanan dan anak-anak yang terlibat dalam al-tivitas ekonomi di jalan dila.kukan daiam konsep rumah singgah dengan menerapkan tiga model basis penanganan, yaitu street based strateg}' (penanganan berbasiskan jalanan), communily based strategy (penanganan berbasiskan masyarakat) dan center based strategy (penanganan berbasiskan pauti). Dari studi yang dilakukan di Rumall Singgah Twas Harapan II Surabaya diketahui bahwa penanganan ana.k-anak binaan melalui beberapa tallap, yaitu tallap penjangkauan, identitikasi anak dan permasalallannya, tahap resosialisasi nHai dan norma sosial ke anak, tallap program pemberdayaan anak dan orang tua. Dan, tahap pengakhiran pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 04-02 Pur p
Uncontrolled Keywords: STREET CHILDREN
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV873-887 Destitute, neglected, and abandoned children. Street children
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hendri Purnomo, 079615151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDSri Sanituti Hariadi, SH, MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 22 Nov 2016 21:40
Last Modified: 15 Jun 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item