PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA INDUSTRI SEPATU PT. ORDAS DI SIDOARJO

ARl WIRAWAN, 049520579 E (2001) PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA INDUSTRI SEPATU PT. ORDAS DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 103-01 Wir p.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Manajer dalam meningkatkan kualitas pengambilan keputusan memerlukan informasi yang dapat dipercaya, tepat waktu, akurat dan relevan. Salah satu informasi yang sangat penting di dalam pengambilan keputusan adalah informasi mengenai biaya produksi ( manufactory cost) tepatnya biaya produksi per lUlit produk ( unit cost ). Di dalanl penentuan biaya produksi per lUlit ini ada dua metodte yang dapat digunakan, metode konvensional ( tradisional ) dan kontemporer ( modem ). Metode konvensional dapat terdistorsi dalam kondisi tingkat persaingan yang tinggi, perusahaan memproduksi lebih dari satu jenis produk ( diversifikasi produk ). Komposisi BOP yang besar lUlfuk ifu diperlukan metode yang lebih baik. Metode penentuan biaya produksi yang lebih baik dari metode konvellsional dalam kondisi tersebut adalah metode activity based costing alan sering disingkat sistem ABC. Selama ini, PT. ORDAS adalah perusahaan yang memproduksi sepatu dimana dalam menentukan biaya produksinya masih menerapkan metode konvensiollal oleh karena itu, dengan dengan penelitian ini, ingin diketahui bagaimanakah penggunaan metode ABC dan informasi yang dihasilkan dan membandingkannya Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara langslUlg dan data sekunder yang merupakan data jadi yang dapat diperoleh dari perusahaan. Ruang tingkup penelitian ini dibatasi pada biaya produksi yang merupakan penjumlahan dari ketiga elemen biaya yang tejadi selama periode 1997. tehnik analisis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menarik kesimpulan dari hasil perbandingan biaya produksi antara metode konvensional dengan metode ABC. Dari hasil anal isis, dapa! disimpulkan babwa telah ter:iadi pembahan biaya produksi per lUlit seperti tanlpak pada label 4. 15. inilah yang disebut distol'si biaya, yaitu produk yang bervolume rendah akan mensubsidi produk yang bervolume tinggi. Oleh karena itu dapat dika!akan kalau metode ABC sebenarnya lebih balk dan metode kanvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
ARl WIRAWAN, 049520579 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 20:59
Last Modified: 15 Jun 2017 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item