PENGUNGKAPAN AKTIVITAS SOSIAL (SOCIAL DISCLOSURES) PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PT. BURSA EFEK SURABAYA)

RAHMAT KHOIRUDIN, 049836225 (2001) PENGUNGKAPAN AKTIVITAS SOSIAL (SOCIAL DISCLOSURES) PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PT. BURSA EFEK SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 104-01 Kho p.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan mulai menunjukkan perhatian terhadap lingkungan sosial dan ekologisnya. Akuntansi sebagai bagian dari dunia usaha dituntut untuk merespon perkembangan perusahaan tersebut. Peran akuntansi ditunjukkan dengan dimunculkannya diskursus akuntansi sosial. Melalui pengungkapan sosial, perusahaan dapat mengkomunikasikan aktivitas sosialnya kepada para stakeholdersnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami praktek pengungkapan sosial yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia pada laporan tahunannya. Penelitian ini difokuskan pada laporan tahunan 1998. Penggunaan laporan tahunan selain tahun 1998 adalah dengan tujuan mengisi kesenjangan informasi atau melengkapi informasi, sebagai perbandingan dengan laporan tahunan edisi 1998, atau sebagai pengganti akibat tidak adanya laporan tahunan edisi 1998. Data yang digunakan adalah laporan tahunan dari 21 perusahaan go public di Indonesia yang tercatat pada PT Bursa Efek Surabaya. Penelitian ini memperlihatkan pola perusahaan-perusahaan tersebut dalam melakukan pengungkapan sosial. Pola terse but meliputi tema pengungkapan sosial dengan berbagai itemnya, serta lokasi pengungkapan di dalam laporan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan kurang memiliki rasa kepdulian sosial. Hal ini dapat terlihat dari sedikitnya aktivitas sosial yang diungkapkan dalam lapran tahunannya. Perusahaan-perusahaan high profile lebih banyak dan menyeluruh dalam melakukan pengungkapan sosial, terutama perusahaan-perusahaan Persero. Lokasi pengungkapan tersebar di semua bagian dalam laporan tahunan karena memang tidak ada standar baku yang mengatur tentang bagian-bagian dalam laporan tahunan. Tema yang paling banyak diungkapkan adalah tema ketenagaketjaan. Meskipun pengungkapan sosial yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia masih pada taraf minimal, tetapi adanya pengungkapan sosial pada laporan tahunan tersebut menandakan telah berkembangnya akuntansi sosial di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
RAHMAT KHOIRUDIN, 049836225UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2016 21:07
Last Modified: 15 Jun 2017 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46716
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item