ANALISIS PERBEDAAN KINERJA SAHAM (RETURN DAN RISK) ANTARA PERUSAHAAN PERATA LABA DAN PERUSAHAAN BUKAN PERATA LABA (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Jakarta Periode Tahun 1993-1996)

DIAN NURHANI, 049816040 (2002) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA SAHAM (RETURN DAN RISK) ANTARA PERUSAHAAN PERATA LABA DAN PERUSAHAAN BUKAN PERATA LABA (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Jakarta Periode Tahun 1993-1996). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 32-03 Nur a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perataan laba (income smoothing) adalah cara yang digunakan oleh manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diinginkan. Tindakan perataan laba telah dianggap sebagai tindakan yang umum dilakukan oleh manajemen untuk mencapai maksud-maksud tertentu. Hal ini dapat dijelaskan bahwa sebenarnya perataan laba tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap nilai saham perusahaan di pasar saham. Namun demikian ada perusahaan yang melakukan upaya ini dan umumnya akan dinilai positif. Penilaian positif ini dianggap bukan semata-mata karena peristiwa perataan laba dalam arti sebenarnya tetapi adanya anggapan dari para investor bahwa tindakan perataan laba merupakan upaya dari manajemen untuk menunjukkan kondisi perusahaan yang bagus dengan laba yang stabil dan pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja saham perusahaan. Oleh karena itu fokus dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada perbedaan kinerja saham antara perusahaan perata laba dan perusahaan bukan perata laba yang diukur dengan variabel return dan risk saham khususnya pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini bersifat penelitian analisis (analytical research) yang dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Periode laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan periode 31 Desember 1993, 1994, 1995, dan 1996 sedangkan indeks harga saham yang digunakan adalah indeks harga saham bulanan peri ode 1993, 1994, 1995, dan 1996. Alasan digunakannya periode tersebut karena pada tahun-tahun itu dipandang dapat mencerminkan kondisi perekonomian yang stabil sebelum terjadinya krisis ekonomi. Sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta antara tahun 1993-1996.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 32-03 Nur a
Uncontrolled Keywords: KINERJA SAHAM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN NURHANI, 049816040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPARWOTO WIGNJOHARTOJO, Prof. Dr. SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:08
Last Modified: 22 Nov 2016 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46717
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item