ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KEMBALI DI HOTEL SEPULUH BANDUNG

FAJAR BUANA, 049811985E (2003) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KEMBALI DI HOTEL SEPULUH BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 90-04 Bua a.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel Sepuluh Bandung yang bergerak di bidang jasa penginapan senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal bagi para konsumennya. Pihak Hotel Sepuluh Bandung menyadari bahwa kegiatan pelayanan kepadatamu hotel me me gang peranan sangat penting dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Selain itu pelayanan kepada konsumen dilakukan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga konsumen tidak merasa rugi telah membeli jasa penginapan puda perusahaan. Permasalahan yang terjadi pada Hotel Sepuluh adalah tidak terpenuhinya target tingkat human kamar yang ditetapkan. Fenomena tersebut mengindikasikan adanya rendahnya tingkat loyalitas tamu hotel yang menyebabkan tingkat hunian tidak sesuai target dan bahkan mengalami penurunan. Tujuan yang ingin dicapai. dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan atas kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap kembali di Hotel Sepuluh Bandung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah kepuasan atas dimensi kualitas layanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible berpengaruh terbadap keputusan menginap kembali di hotel Sepuluh Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang digali dengan menggunakan alat bantu kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 responden dengan alat uji regresi linier berganda. Setelah dilakukan perhitungan statistik diperoleh model regresi sebagai berikut: y = -3,814 + 0,434 Xl + 0,235 X2 + 0,255 X3 + 0,287 X4 + 0,777 X5 Kesimpulan atas hipotesis yang diajukan, menunjukkan bahwa secara simultan kepuasan atas dimensi kualitas pelayanan berupa reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles berpengaruh signiftkan terhadap keputusan menginap kembali di Hotel Sepuluh Bandung. Hal tersebut ditunjukkan oleh besarnya nilai F hitung = 21,513 > F tabel = 2,30. Variabel bebas yang dimasukkan dalam model secara parsial berpengaruh signiftkan terhadap keputusan menginap kembali di Hotel Sepuluh Bandung. Nilai dari koeftsien determinasi dari hasil perhitungan sebesar 0,534. Hal ini berarti 53,4% perubahan variabel terikat (keputusan menginap kembali di Hotel Sepuluh Bandung) mampu dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang dimasukkan dalam model (reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles) secara bersama-sama, sedangkan sisanya 46,6% dijelaskan oleh variabellain yang tidak dimasukkan dalam model (faktor galat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 90/04 Bua a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FAJAR BUANA, 049811985EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. DWI UTAMI S, Dra. Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 22 Nov 2016 21:22
Last Modified: 22 Nov 2016 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46723
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item