“REPRESENTASI GAYA HIDUP KONSUMTIF DALAM FILM CONFESSIONS OF SHOPAHOLIC”

Flavia Celly Jatmiko, 071211533031 (2016) “REPRESENTASI GAYA HIDUP KONSUMTIF DALAM FILM CONFESSIONS OF SHOPAHOLIC”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FLAVIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi gaya hidup konsumtif dalam film “confessions of shopaholic”. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena minimnya kajian mengenai gaya hidup konsumtif di Indonesia, terlebih yang direpresentasikan melalui film.. Penelitian yang menggunakan film “confessions of shopaholic” menggunakan analisis semiotik oleh John Fiske. Peneliti memilih film ini karena didalam film ini banyak mendiskripsikan gaya hidup konsumtif dalam kehidupan sehari-hari. Representasi tersebut banyak ditunjukkan melalui dialog, pakaian, latar tempat, dan pengambilan gambar Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode analisis semiotik oleh John Fiske sebagai tinjauannya. . Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni film dan representasi, semiotika dalam film, dan gaya hidup konsumtif. Peneliti memilih teori semiotik karena semiotik merupakan suatu ilmu analisis tanda atau studi tentang bagaimana sistemn penandaan berfungsi untuk menggali sebuah makna. Peneliti mendeteksi dan mengumpulkan dialog, latar tempat, latar suara, pakaian dan scene-scene pada film “confessions of shopaholic”. peneliti juga mengumpulkan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Film confessions of shopaholic menunjukkan representasi gaya hidup konsumtif melalui tokoh “Rebecca”. Kesimpulan yang didapatkan dari analisis film tersebut menemukan bahwa gaya hidup konsumtif merupakan bagian dari usaha memenuhi keinginan dan menunjukkan eksistensi diri namun dilakukan secara berlebihan melalui tokoh Rebecca. Terjabarkan bahwa orang yang bergaya hidup konsumtif ditandai oleh kehidupan yang terlihat serba mewah yang berlebihan. Bahwa hal yang paling mahal dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan. Kepemilikkan barang bermerek dianggap erat kaitannya dengan pembentukkan identitas diri dan status sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 86/16 Jat r
Uncontrolled Keywords: representasi, gaya hidup konsumtif, film confessions of shopaholic, semiotika John Fiske.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Flavia Celly Jatmiko, 071211533031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSANTI ISNAINI, DR.,S.SOS.,MMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 21:51
Last Modified: 22 Nov 2016 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item