EVALUASIPENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA UNIT PENGELASAN DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (STUDI DALAM PROSES PEMBUATAN KAPAL TANKER 6,soo LTWD)

RINA KRISTIANAWATI, 049721857 E (2002) EVALUASIPENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA UNIT PENGELASAN DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (STUDI DALAM PROSES PEMBUATAN KAPAL TANKER 6,soo LTWD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk B 122.02 Kri e.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses penyambungan logam dengan pengelasan merupakan proses yang terpenting dalam industri perkapalan. hampir sebanyak 80% pekerjaan pembuatan sebuah kapal meliputi pekerjaan pengelasan. Pengelasan PT. Dok dan Perkapalan Surabaa menggunakan sistem manual sampai otomatis yang dioperasikan oleh para operator las yang telah memiliki sertifikat sebagai operator las dari ABS, NKK, ataupun dari BLK. Dari data yang diperoleh bahwa tingkat pengerjaan ulang sebelum dan sesuadah penerapan Total Quality Management (TQM), menunjukkan bahwa untuk tipe cacat las slag melution dan porosity mrupakan tipe cacat las terbanyak, yang kemudian disusul dengan incomplete, underent, incomplete fusion, crack, dan burntrught. Karena jumlah cacat las yang timbul tersebut banyak, maka otomatis frekuensi pengerjaan ulang menjadi banyak pula, sehingga waktu yang diperlukan untuk pembuatan kapal menjadi lama dan timbul biaya-biaya tambahan akibat dari timbulnya pengerjaan ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: quality management, quality, industri
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RINA KRISTIANAWATI, 049721857 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermawanto, Drs., eC. , MBA., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 22 Nov 2016 22:48
Last Modified: 22 Nov 2016 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46757
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item