MORFOLOGI PERKEMBANGAN HASlL PENYAMBUNGAN TANAMAN KENTANG (Solinum tuberosum L.) DENGAN TANAMAN TOMAT (Solanum Iycoperslcum L.)

Novalianty Ratri, 089831861 (2001) MORFOLOGI PERKEMBANGAN HASlL PENYAMBUNGAN TANAMAN KENTANG (Solinum tuberosum L.) DENGAN TANAMAN TOMAT (Solanum Iycoperslcum L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
KK MPB 24-01 RAT M.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk efisiensi lahan pertanian diperlukan suatu metode tanam yang sesuai, salah satu metode tersebut adalah penyambungan (grafting) antar tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profit, persentase keberhasilan, produksi (jumlah dan berat buah serta umbi) dan korelasi (hubungan) profit tanaman terhadap produksi pada penyambungan tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) dengan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.). Pada penelitian ini dilakukan penyambungan (grafting) antara tanaman kentang (Solanum luherosum L.) dengan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) Penclitian ini menggunakan 2 perlakuan yaitu penanaman tanaman kentang dan tanaman tomat secara konvensional (tanpa penyambungan) sebagai kontrol dan ~penyambungan (grafting) tanaman kentan~ dengan tanaman tomat dan setiap perlakuan diulang sebanyak 20 kali. Untuk mengetahui perbedaan hasil produksi antara 2 perlakuan dilakukan uji T pada taraf signifikansi 5% dan untuk mengetahui Korelasi antara profil tanaman terhadap produksi dilakukan uji korelasi Pearson dengan taraf signifikansi 5%, Persentase keberhasilan penyambungan adalah sebesar 65%. Profit tanaman hasi! penyambungan yaitu bagian atas berupa batang tomat serta berbuah tomat dan di dalam tanah terdapat umbi kentang, Dari hasil uji T diperoleh hasil bahwa jumlah buah tom at dari tanaman Pomato lebih banyak dibanding jumlah buah tomat dari tanaman kontrol sebesar 24,49 sedangkan jumlah umbi kentang dari tanaman kontrol lebih banyak dibanding jumlah umbi kentang dari tanaman Pomato, sebesar 5,84. Adapun berat buah tomat dari tanaman Pomato lebih besar dari berat buah tomat dari tanaman kontrol, sebesar 455,38 gram dan berat umbi kentang dari tanaman kontrol lebih besar daripada umbi kentang dari tanaman Pomato sebesar 95,11 gram. Scdangkan melalui uji korelasi Pearson diperoleh hasH yang menyatakan bahwa ada korelasi antara profil tanaman terhadap jumlah, berat buah tomat dan umbi kentang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK MPB 24-01 Rat m
Uncontrolled Keywords: Solanum tuherosum L., Solanum lycopersicum L., profil grafting.
Subjects: Q Science > QK Botany > QK900-989 Plant ecology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Novalianty Ratri, 089831861UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHery Pumobasuki,, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEdy Setiti Wida Utami,, Dra. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2016 23:07
Last Modified: 22 Nov 2016 23:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item