HUBUNGAN PEER GROUP RELATIONSHIP DENGAN SOCIAL WITHDRAWAL PADA REMAJA AWAL

FENETA FIDI KIRANI, 111211133052 (2016) HUBUNGAN PEER GROUP RELATIONSHIP DENGAN SOCIAL WITHDRAWAL PADA REMAJA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PSI.103-16 Kir h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara peer group relationship dengan social withdrawal pada remaja awal. Menurut Reitz (2014), Peer group relationship adalah bentuk hubungan timbal balik dan diharapkan teman sebaya dapat menjaga keseimbangan (timbal balik) dari hubungan tersebut. Beberapa manifestasi yang jelas dalam hubungan tersebut adalah penerimaan atau penolakan. Penerimaan oleh rekan-rekan mengacu pada tingkat popularitas anak antara kelompok sebaya sementara penolakan oleh rekan-rekan mengacu pada kurangnya popularitas antara kelompok sebaya. Penjelasan mengenai social withdrawal mengacu pada teori Rubin dkk (2009) yang menjelaskan bahwa social withdrawal adalah ke-konsistenan (melampaui situasi dan batas waktu), yang memunculkan semua bentuk perilaku kesendirian saat bertemu dengan teman sebaya yang familiar dan tidak familiar. Penelitian ini dilakukan pada remaja awal yang berusia 12-14 tahun yang duduk di kelas 1 di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan data survey. Survey dilakukan secara langsung dimana jumlah subjek adalah 100 orang. Alat ukur penelitian ini menggunakan alat ukur yang telah dibuat oleh peneliti dimana terlebih dahulu telah dilakukan uji reliabilitas serta validitasnya dan telah teruji mampu mengukur konstruk yang akan diteliti. Pengukuran valididtas menggunakan validitas isi dengan bantuan professional judgement, dan skor reliabilitas untuk skala peer group relationship sebesar 0,824 dan skor reliabilitas untuk skala social withdrawal sebesar 0,910. Jumlah aitem pada masing-masing alat ukur adalah pada alat ukur peer group relationship berjumlah 17 aitem dan alat ukur social withdrawal berjumlah 34 aitem. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for windows. Hasil analisa menunjukan signifikasi sebesar (r)=0,00 (<0.05). Berdasarkan hasil analisa tersebut diketahui bahwa terdapat hubungan linier negatif antara peer group relationship dengan social withdrawal pada remaja awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.103/16 Kir h
Uncontrolled Keywords: peer group relationship, social withdrawal, remaja awal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
FENETA FIDI KIRANI, 111211133052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerdina Indrijati, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 22 Nov 2016 23:34
Last Modified: 19 Jun 2017 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46777
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item