ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN BERDASARKAN MODEL KONTlNGENSl TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. KARYA GEMILANG USAHA MUDA DI SURABAYA

AANG SETIAWAN, 04981219-E (2004) ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN BERDASARKAN MODEL KONTlNGENSl TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. KARYA GEMILANG USAHA MUDA DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 98-05 Set m.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemimpin yan efektifitas ditentukan oleh kemampuannya membaca situasi yang dihadapi dan menyes' _ ya kepemimpinannya sedemikian rupa agar sesuai dan mampu memenuhi tuntutan situasi yang dihadapi, sehingga para bawahan yang dipimpinnya mampu menghasilkan kinerja yang ditetapkan perusahaan. Demikian pula yang terjadi pada PT. Karya Gemilang Usaha Muda. Perusahaa11 ini bergerak dalam bidang jasa pemborongan bagunan-bangunan dan pemasangan instalasi listrik. PT. Karya Gemilang Usaha Muda mempunyai karyawan yang beragam baik ditinjau dari [atar belakang pendidikan, usia, dan pengalaman kelja sehingga kematangannya pun beragam. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut : I, Apakah gaya kepemimpinan berdasarkan model kontingensi (Fielder) yang meliputi Hubungan pemimpin-anggota, Struktur tugas, dan Kekuasaan posisi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Karya Gemilang Usaha Muda di Surabaya? 2. Manakah diantara Hubungan pemimpin-anggota, Struktur tugas, dan Kekuasaan posisi mempunyai pengaruh ~dominan terhadap kinerja karyawan PT. Karya Gemilang Usaha Muda di Surabaya? Untuk menjawab pennasalahan yang dihadapi perusahaan, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu: 1. Hipotesis pertama : Berdasarkan nilai F hitung sebesar 23,776, dengan tingkat kesalahan sebesar 0,000, maka hipotesis pertama yang menyatakan, "Gaya kepemimpinan berdasarkan model kontingensi (Fielder) yang meliputi Hubungan pemimpin-anggota, Struktur tugas, dan Kekuasaan posisi secara bersarna-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT, Karya Gemilang Usaha Muda di Surabaya", diterirna kebenarannya. Hal ini didukung pula oleh besamya pengaruh Gaya kepemimpinan berdasarkan model kontingensi (Fielder) yang meliputi Hubungan pemimpin-anggota (Xl), struktur tugas (X2), dan Kekuasaan posisi (X3) secara bersarna-sama mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan PT, Karya Gemilang Usaha Muda di Surabaya sebesar 69,7%, 2. Hipotesis Kedua : Untuk hipotesis kedua. berdasarkan peringkat nilai t hitung diketahui bahwa variabel Hubungan pemimpin-anggota (Xl) mempunya nilai t hitung tetinggi dibandingkan dengan variabel Struktur tugas (Xl), dan Kekuasaan posisi (X). Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan, "Hubungan pemimpin anggota mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kinerja karyawan PT. Karya Gemilang Usaha Muda di Surabaya", diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 98/05 Set m FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AANG SETIAWAN, 04981219-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTientje Soemartini, Dra., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:24
Last Modified: 15 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46803
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item