PENGARUH PERENDAMAN TELUR AYAM RAS DENGAN MENGGUNAKAN LARUTAN GARAM DAN MlNYAK KELAPA TERHADAP TOTAL BAKTERI DAN NlLAI HAUGH UNIT

SATRIYO SETYO UTOMO, 060032843 (2003) PENGARUH PERENDAMAN TELUR AYAM RAS DENGAN MENGGUNAKAN LARUTAN GARAM DAN MlNYAK KELAPA TERHADAP TOTAL BAKTERI DAN NlLAI HAUGH UNIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 59-05 UTO P.pdf

Download (225kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman telur ayam konsumsi dengan menggunakan larutan garam 25% dan minyak kelapa sawit selama satu hari terhadap total bakteri dan nilai haugh unit telur. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 27 butir telur ayam konsumsi umur satu hari yang telah dilap bersih dan diperiksa dengan peneropong telur, kemudian diambil secara aeak untuk dikelompokkan. Kelompok I telur yang tidak direndam dengan bahan perendam(PO); Kelompok II telur yang direndam dalam larutan garam 25O/o(Pl); Kelompok ill telur yang direndam dalam minyak kelapa sawit(P2). Dilakukan pengamatan terhadap total bakteri dan nilai haugh unit pada minggu kedua, ketiga dan keempat. Rancangan percobaan yang dilakukan adalah Rancangan Aeak Lengkap Pols Faktorial. Data dianalisa dengan uji F Dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur 5% untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata diantara perlakuan. Untuk mengetahui hubungan antara total bakteri dan nilai Haugh unit dengan lama penyimpanan dilakukan dengan Analisa Regresi. HasH penelitian menunjukkan telur yang direndam dalam minyak kelapa sawit memberikan perlindungan lebih lama dari kontaminasi bakteri dan rata-rata nilai Haugh unit lebih tinggi dibandingkan dengan dua perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
SATRIYO SETYO UTOMO, 060032843UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBudiarto, MP.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:05
Last Modified: 15 Jun 2017 21:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item