PENGARUH BEHAVIORAL SKILLS TRAINING PADA SELF AWARENESS ANAK USIA 5 TAHUN TERHADAP ORANG ASING BERESIKO DI SURABAYA

AMY FADILLAH, 111414253015 (2016) PENGARUH BEHAVIORAL SKILLS TRAINING PADA SELF AWARENESS ANAK USIA 5 TAHUN TERHADAP ORANG ASING BERESIKO DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
AMY FADILLAH - 111414253015 - TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan behavioral skills training pada self awareness anak usia 5 tahun terhadap orang asing beresiko. Menurut Duval dan Wicklund (1972), kondisi self awareness merupakan kondisi ketika individu memusatkan perhatian pada diri sendiri. Dalam konteks penelitian, self awareness adalah kondisi ketika individu memahami pikiran dan tindakannya ketika berinteraksi dengan orang asing beresiko. Pelatihan merupakan adaptasi pelatihan dari Poche (1981) yang kemudian diajarkan pada orang tua. Pihak orang tua dilatih sebagai pelatih yang kemudian menerapkan latihan pada partisipan anak. Hal ini dikarenakan orang tua adalah sosok terdekat anak sehingga anak bisa menerima informasi dengan lebih mudah. Duval dan Wicklund (1972) juga menyatakan bahwa peningkatan self awareness orang tua juga bisa meningkatkan kondisi self awareness anak. Subjek adalah anak usia 5 tahun dan bersekolah di TK Jendral Sudirman Surabaya. Jumlah subjek sebanyak 26 orang yang dibagi ke dalam kedua kelompok, eksperimen dan kontrol. Pengaruh pelatihan dievaluasi pada anak partisipan dengan pre-test dan post-test yang berbentuk in-situ training, dimana peneliti meninggalkan anak sendiri dan ada orang asing yang berpura-pura mengajak anak. Perilaku anak akan diobservasi oleh 3 orang observan yang kemudian memberikan nilai berdasarkan panduan penilaian yang sudah ditetapkan oleh Poche. Aspek yang dinilai adalah respon verbal dan respon motorik anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari behavioral skills training pada anak di kelompok eksperimen (P = 0.002) dan tidak ada perbedaan pada anak di kelompok kontrol (P = 0.165). Anak dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan self awareness terhadap orang asing beresiko.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 32/16 Fad p
Uncontrolled Keywords: behavioral skills training, self awareness, anak 5 tahun, orang asing
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
AMY FADILLAH, 111414253015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWOELAN HANDADARI, DRA.,M.SI.,PSIKKOLOGIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 16:54
Last Modified: 19 Jun 2017 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item