PENINGKATKAN JOB INVOLVEMENT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DIREKTORAT NASIONAL PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN PADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN TIMOR LESTE

Januário Viana Mota, 111414353010 (2016) PENINGKATKAN JOB INVOLVEMENT PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DIREKTORAT NASIONAL PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN PADA KEMENTERIAN PENDIDIKAN TIMOR LESTE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (905kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
JANUARIO VIANA MOTA_111414353010 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap organisasi di era globalisai pada abad 21 ini dituntut untuk melibatkan pegawainya demi tercapainya tujuan organisasi tersebut, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pegawai negeri pada Direktorat Nasional Pendidikan Menengah Kejuruan supaya dapat terlibat secara langsung dalam proses kerja. Keterlibatan kerja merupakan proses partisipasi yang antusias yang dimiliki oleh karyawan baik secara lahir dan batin atau secara Psikologis dan fisik untuk mencapai nilai dan tujuan dari organisasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan di Direktorat Nasional Pendidikan menengah Kejuruan (DNPMK) di Kementrian Pendidikan Timor Leste dengan melibatkan 17 orang Pegawai atau staff. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik 4D Appreciative Inquiry (AI), validasinya dilakukan dengan ‘’Diskusi Grup dan menggunakan Metode Action Research (riset tindakan)’’. Hasil yang dapat ditunjukan dari penelitian dengan pendekatan Appreciative Inquiry (AI) ini ternyata mampu melibatkan pegawai pada DNPMK dengan keterlibatan yang maksimum, hal ini dapat dilihat dari indikator, subjek dapat mengeluarkan pendapat serta terlibat secara langsung dan bebas dalam proses 4D demi kesuksesan DNPMK serta subjek semakin paham bahwa keterlibatan mereka adalah kesuksesan mereka dan organisasi. Hasil keterlibatan dari pegawai tersebut tertuang pada strategi dan perencanaan action plan untuk tahun 2016 dan Job Desaign untuk Direktorat Nasional Pendidikan Menegah Kejuruan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 33/16 Mot p
Uncontrolled Keywords: Job Involvement, Appreciative Inquiry
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Januário Viana Mota, 111414353010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFAJRIANTI, DRUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 16:58
Last Modified: 19 Jun 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item