UPAYA AI (APPRECIATIVE INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KARYAWAN IAE(INSPECÇÃO ALIMENTAR E ECONOMIA)DI KEMENTRIAN PERDAGANGAN TIMOR LESTE

Julio Soares, 111414353005 (2016) UPAYA AI (APPRECIATIVE INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KARYAWAN IAE(INSPECÇÃO ALIMENTAR E ECONOMIA)DI KEMENTRIAN PERDAGANGAN TIMOR LESTE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
JULIO SOARES_111414353005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul upaya AI (Appreciative Inquiry) untuk meningkatkan komitmen karyawan IAE (Inspecção Alimentar e Economia) di Kementrian Perdaganan Timor-Leste. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mayer dan Allan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tinggi rendahnya komitmen karyawan pada organisasi tempat ia bekerja, dan berupaya meningkatkanya dengan Appreciative Inquiry (AI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan model penelitian eksperimen, desain atau bentuk One- Group Pretest-Posttest, yang dikutip dari bukunya Prof. Dr. Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang di terapkan dalam penelitian ini adalah dengan dua metode, pertama metode kuantitatif; yaitu menyebarkan kusioner pada para responden untuk mengukur Pretest, keduan menerapkan metode kualitatif yaitu dengan mengunakan bentuk wawancara AI yang berpatokan pada pertanyaan yang telah dipersipkan oleh peneliti, untuk mencari atau mengidentifikasi tindakantindakan positif yang muncul sebagai kekuatan yang menggarah pada perubahan yang lebih baik. Selanjutnya mengedarkan kembali kusioner yang sama (bentuk kuantitatif) untuk mengukur posttest dan melihat perkembangan yang nampak pada para peserta setelah perlakuan AI sebagai ujud nyata dari komitmen mereka terhadap organisasi atau tempat dimana mereka bekerja. Hasilnya perlakuan IAndinyatakan berhasil karena terjadi perubahan sebelum dan sesudah perlakuan AI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 34/16 Soa u
Uncontrolled Keywords: Upaya AI untuk meningkatkan komitmen karyawan IAE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Julio Soares, 111414353005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFENDY SUHARIADI, PROF.,DR.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 17:05
Last Modified: 19 Jun 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item