PENGARUH KOMPETENSI ENTREPRENEURIAL TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DENGAN MODAL SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERAT SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI PEDESAAN KABUPATEN SUMENEP

MERY ATIKA, 111414253004 (2016) PENGARUH KOMPETENSI ENTREPRENEURIAL TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DENGAN MODAL SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERAT SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI PEDESAAN KABUPATEN SUMENEP. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
TESIS. MERY ATIKA.NIM. 111414253004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatkan peluang keberhasilan pada UMKM akan memiliki implikasi besar bagi pertumbuhan dan kesejahteraan sosial ekonomi suatu negara. Tujuan digalakkannya program-program pemerintah terkait entrepreneurial adalah salah satu upaya dalam pengentasan kemiskinan. Terkait kemiskinan di pedesaan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa angka kemiskinan di pedesaan lebih tinggi dari pada di perkotaan, survei menunjukkan prosentase penduduk miskin kabupaten Sumenep tahun 2013 sebesar 21,29%, sedangkan indeks keparahan kemiskinan di kabupaten Sumenep pada tahun 2012 mencapai 0, 70%, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan indeks keparahan kemiskinan pada tahun 2011 yaitu sebesar 0,56%, temuan data tersebut mengindikan bahwa kemiskinan di kabupaten Sumenep perlu mendapat perhatian dan upaya-upaya pengentasan kemiskinan di berbagai bidang. Penelitian-penelitian sebelumnya juga menunjukkan keberhasilan entrepreneurial dalam bisnis menawarkan sebuah upaya pengentasan kemiskinan dan membangun kesejahteraan. Berdasarkan hal ini maka, memahami prediksi keberhasilan pada UMKM sangat penting. Pada kenyataannya kendala UMKM saat ini di Indonesia sulit untuk memastikan mengapa dalam situasi yang sama beberapa pengusaha gagal sementara yang lain berhasil, oleh karena itu penelitian ini fokus pada kompetensi entrepreneurial dan modal sosial yang dibangun apakah memperkuat atau justru memperlemah terhadap keberhasilan UMKM yang terjadi di lapangan dengan tujuan untuk menawarkan upaya mengatasi fenomena tersebut. Penciptaan UMKM yang sukses berpotensi menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan daerah dan implikasinya adalah terhadap angka kemiskinan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Sampel pada penelitian ini diambil dengan metode nonprobability sampling dengan teknik insidental pada pelaku UMKM di pedesaan Kabupaten Sumenep sebanyak 124 pelaku UMKM. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dari 3 skala yaitu skala kompetensi entrepreneurial, skala modal sosial dan skala keberhasilan UMKM. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi entrepreneurial berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan UMKM di pedesaan Kabupaten Sumenep. Modal sosial signifikan dalam memoderasi antara kompetensi entrepreneurial dan keberhasilan UMKM di pedesaan Kabupaten Sumenep.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 37/16 Ati p
Uncontrolled Keywords: kompetensi entrepreneurial, modal sosial, kemiskinan, keberhasilan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
MERY ATIKA, 111414253004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorILHAM NUR ALFIAN, M.PSI.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 17:25
Last Modified: 19 Jun 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item