EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN FONOLOGIS ANAK USIA DINI

Reza Oktivia Hamenda, 111314253008 (2016) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN FONOLOGIS ANAK USIA DINI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Tesis Reza o Hamenda 111314253008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesadaran Fonologis merupakan aspek terpenting dalam mengembangkan kemampuan membaca pada anak. Kesadaran fonologis merujuk pada kadar sensitivitas yang dimiliki seseorang terhadap struktur suara pada bahasa oral (Anthony dan Francis, 2005). Dalam penelitian ini, pendekatan kesadaran fonologis diberikan melalui aktifitas-aktifitas menggunakan perangkat multimedia seperti ipad dengan aplikasi yang berjudul Tiny Tap. Hal ini berdasarkan Teori Kognitif Multimedia yang diutarakan oleh Mayer bahwa siswa menyerap informasi lebih baik jika di sajikan informasi gabungan dari suara dan gambar, atau teks dan gambar atau teks dan suara. (Mishra & Sharma, 2005). Subyek penelitian merupakan anak-anak TK yang berada pada kelompok A (Usia 4-5 tahun) berjumlah 8 siswa. Dalam penelitian ini, terdapat 8 pertemuan yang dilakukan. Setiap pertemuan memiliki konten pembelajaran dan tujuan yang berbeda-beda. Pada pertemuan 1&2, peneliti bertujuan untuk melatih kemampuan mendengar melalui aktifitas seperti whispering game dan lembar kerja mendengar. Pada pertemuan 3&4 peneliti melatih kemampuan anak untuk peka terhadap bunyi irama pada beberapa kata mellaui kuis interaktif yang telah di buat dalam aplikasi Tiny Tap. Pada pertemuan 5&6 peneliti bertujuan untuk melatih kemampuan anak dalam hal aliterasi menggunakan cerita interaktif yang dibuat dala aplikasi Tiny Tap. Pada pertemuan 7&8 peneliti melatih kemampuan anak dalam memenggal huruf pada kata melalui aktifitas segmentasi pada program puzzle dalam aplikasi Timy Tap. Pada hasil penelitian terdapat hasil yang signifikan terhadap uji hipotesis pretest dan posttest. Sehingga Penggunaan Multimedia secara efektif meningkatkan kesadaran fonologis dalam hal penghapusan suku kata, penyatuan suku kata dan mencari kesamaan irama

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 39/16 Ham e
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Fonologis, Pembelajaran Multimedia, Anak Usia Dini.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Reza Oktivia Hamenda, 111314253008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIno Leonardi, S.Psi .. M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 17:45
Last Modified: 23 Nov 2016 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item