PENGGUNAAN APPRECIATIVE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN RASA BERMASYARAKAT (SENSE OF COMMUNITY) KADER LINGKUNGAN PADA PROGRAM LAMONGAN GREEN AND CLEAN DI KABUPATEN LAMONGAN

E.S. Sufia Kalimang, 111414253002 (2016) PENGGUNAAN APPRECIATIVE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN RASA BERMASYARAKAT (SENSE OF COMMUNITY) KADER LINGKUNGAN PADA PROGRAM LAMONGAN GREEN AND CLEAN DI KABUPATEN LAMONGAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS. SUFIA. 111414253002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rasa bermasyarakat (sense of community) dalam program lingkungan sangatlah penting untuk menjaga kelestarian lingkungan secara keberlanjutan di Kabupaten Lamongan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan adanya program Lamongan Green and Clean yang di gerakan oleh masyarakat sebagai kader lingkungan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya rasa bermasyarakat (sense of community) pada kader lingkungan Rangge RT 03 RW 01, Sukomulyo, Kabupaten Lamongan. Rendahnya rasa bermasyarakat pada kader lingkungan akan menghambat keberlanjutan program Lamongan Green and Clean dan membuat masyarakat semakin kurang berpartisipasi pada program pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil pelatihan appreciative inquiry terhadap sense of community pada kader lingkungan di Lamongan. Penelitian ini dilakukan kepada 15 kader lingkungan yang dimana mereka belum pernah mengikuti pelatihan dan mereka secara rasa bermasyarakat memiliki kategori rendah. Kader lingkungan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara kelompok kontrol dan eksperimen setelah diberikan intervensi appreciative inquiry. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain nonrandomized control group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala sense of community pada kader lingkungan. Hasil penelitian berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test, maka dapat disimpukan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara post test kontrol dan post test eksperimen. Hal ini juga berdasarkan analisis t hitung (3.978) > t tabel (1.771), karena t hitung lebih besar dari t tabel dan signifikansi < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kelompok pretest dan posttest. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan appreciative inquiry pada kader lingkungan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 42/16 Kal p
Uncontrolled Keywords: Rasa Bermasyarakat, Kader Lingkungan, Appreciative Inquiry
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
E.S. Sufia Kalimang, 111414253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSURYANTO, PROF.,DR.,M.SI.PSIKOLOGIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2016 18:08
Last Modified: 23 Nov 2016 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item