PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA INFORMASI UNTUK MENGURANGI RESIKO KEAMANAN PADA ELECTRONIC COMMERCE STUDI KASUS PADA PT. BHINNEKA MENTARI DIMENSI

INDRA SEPTA WIDIARTA, 040013392 E (2004) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SUMBERDAYA INFORMASI UNTUK MENGURANGI RESIKO KEAMANAN PADA ELECTRONIC COMMERCE STUDI KASUS PADA PT. BHINNEKA MENTARI DIMENSI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 36-05 Wid P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keamanan (security) penting untuk membangun kepercayaan (trust) terhadap sebuah sistem informasi. Tentu hal tersebut menjadi pertimbangan pada pembangunan suatu sistem sumberdaya informasi. Karena sistem informasi tersebut diharapkan menjadi sumber yang dapat dipercaya. Dengan sistem transaksi yang ada pada e-commerce, pintu keluar-masuk untuk mengakses informasi suatu organisasi sangatlah mudah, tentunya hal ini akan mengakibatkan resiko keamanan e-commerce menjadi satu point khusus yang harus diperhatikan agar tidak menghalangi pencapaian tujuan perusahaan yang telah direncanakan. Kontribusi seorang akuntan dapat dipandang sebagai spesialis informasi karena menjalankan berbagai peran yang berkaitan dengan sistem informasi organisasi. Pada organisasi yang telah memiliki sistem informasi fungsional, akuntan harus membagi peran sebagai sumber informasi kepada analis sistem dan para programer komputer. Peran akuntan tersebut dapat diimplementasikan kedalam Sistem Informasi Sumberdaya Informasi (IRIS) untuk mengurangi resiko keamanan pada e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perancangan sistem untuk sebuah perusahaan e-commerce (PT Bhinneka Mentari Dimensi) dalam sudut pandang IRIS. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan sistem keamanan informasi yang dibangun oleh PT Bhinneka Mentari Dimensi masih terlalu mudah untuk ditembus oleh hackers maupun virus. Diharapkan dengan perancangan IRIS, mampu untuk mengurangi resiko keamanan e-commerce pada PT Bhinneka Mcntari Dimensi, sehingga tujuan perusahaan untuk meningkatkan segmen pasar melalui e-commercc dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 36-05 Wid P
Uncontrolled Keywords: resiko keamanan e-commerce, IRIS, PT Bhinneka Mentari Dimensi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
INDRA SEPTA WIDIARTA, 040013392 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDEBBY RATNA DANIEL, Dr. SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Nov 2016 19:14
Last Modified: 23 Nov 2016 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item