PENGGUNAAN ACTIVITY BASED MANAGEMENT DAN TARGET COSTING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI, DAN EFISIENSI BIAYA PADA PT RAMA PHARMACEUTICAL INDONESIA

PRAMUDYA SATRIA PERWIRA, 049815895 (2003) PENGGUNAAN ACTIVITY BASED MANAGEMENT DAN TARGET COSTING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI, DAN EFISIENSI BIAYA PADA PT RAMA PHARMACEUTICAL INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 112-03 PER P.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan perkembangan dunia disertai dengan peningkatan teknoLogi menciptakan persaingan yang amat ketat dimana produsen semakin bertambah namun pasar tidak berubah sehingga memicu terjadinya persaingan harga yang amat ketal. Persaingan yang amat ketat memicu pergeseran filosofi pemasaran perusahaan ke arah customer orinled sehingga perusahaan berlomba-lomba untuk dapat memberikan harga yang diinginkan oleh konsumen dengan kualitas barang yang tetap dan keuntungan yang tidak berubah. Skripsi ini akan membahas usaha untuk memberikan harga yang diinginkan oleh konsumen tanpa mengurangi kualitas produksi pada PT Rama Pharmaceutical pada jenis salah satu jenis produknya dengan menggunakan konsep target costing dan act ivily based management. Skripsi ini akan menggunakan konsep target costing dan acitivity based management mi dan dimulai dengan penelitian terhadap proses produksi dan survei pasar untuk mengetahui tingkat harga barang pesaing. Dari hasil penelitian proses prOOuksi diketahui bahwa proses prOOuksi tersebut melibatkan 4 unit produksi dan dari hasil survei tersebut diketahui bahwa harga persaingan terletak pada tingkat harga Rp. 50.000 sedangkan harga jual yang diterapkan perusahaan pada prOOuk tersebut adalah sebesar Rp. 60.000. Penerapan target costing dimulai dengan melakukan perhitungan mary in laba dan biaya produksi perusahaan dimana pad akhimya diketahui bahwa selama ini telah terjadi kesalahan perhitungan harga pokok produksi dari dalam perusahaan sehingga perlu dilakukan perhitungan ulang dengan metode acitivity based management, untuk mengetahui biaya yang sebenarnya diserap dalam satu proses produksi. Setelah mengetahui perhitungan target marjin dan harga pokok produksi yang sebenamya , kemudian dilakukan analisa dengan menggunakan metode activity based management yaitu dengan meneliti berbagai aktivitas yang terjadi dalam perusahaan , mengklasifikasikannya ke dalam 2 kelompok besar yaitu aktivitas bemilai tambah dan aktivitas tak bernilai tambah. Dan melakukan manajemen aktivitas terhadap ke 2 jenis kelompok biaya tersebut. Dari hasil penggunaan konsep target costing dan activity based management tersebut akan menempatkan harga produk perusahaan berada dalam harga persaingan yaitu sebesar Rp. 50.000 yang berarti produk perusahaan akan dapat lebih bersaing di dalam pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
PRAMUDYA SATRIA PERWIRA, 049815895UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 23 Nov 2016 19:17
Last Modified: 18 Jun 2017 15:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item