ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMUNGKINAN KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH PADA PT. ARAYA BUMI MEGAH SURABAYA

YENl PURWIYANTI, 049822152E (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMUNGKINAN KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH PADA PT. ARAYA BUMI MEGAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 108-01 Pur a.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengathau pengaruh variabel desain rumah, kualotas bahan bangunan, harga, cara pembayaran, kelengkapan sarana dan prasaranan, lokasi dan promosi terhadap kemungkinan membeli rumah di perumahan Galaxi Bumi Permai yang dibangun oleh PT Araya Bumi Megah Surabaya. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi variabelnya meliputi variabel tergantung (Y) yaitu kemungkinan konsumen memberi rumah dan variabel bebas (Xi), meliputi delapan variabel bebas, ayitu : Desain rumah (X1), kualitas bahan bangunan (X2), Harga (X3), Cara pembayaran (X4) sarana (X5), Prasarana (X6), Lokasi (X7) dan Promosi (X8). Variabel terikat dan variabel bebas diukur dengan skala semantic diffential lima skala. Data untuk uji hipotesis adalah data primer yang diperoleh langsung dari jawaban responden terhadap kuisioner yang diberikan. Sampel ditarik dengan metode purposive sampling, didasarkan kriteria : (1) Pernah mengunjungi counter pameran perumahan PT Araya Bumi Megah di wtc Surabaya pada Februari 2001, (2) Memperoleh brosur produk nunah, (3) Mengetahui adanya hadiah-hadiah laogstmg yang ditawarkan pengembang, (4) Pemah mengunjungi lokasi perumahan yang tengah dibangun di kawasan Sukolilo Surabaya Timur. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi berganda, brena kedua variabel mengandung hubungan fungsional, dan seianjutnya dilakukan uji F dan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa pihak yang terlibat kuat dalam keputusan membeli rnmah adalah keluarga sendiri (suami I istri, orang tua, saudara, atau anak), baik bagi konsumen yang sudah berkeluarga ataupun belum, daripada pengaruh pihak di luar keluarga dan motif berinvestasi lebih mendominasi dalam keputusan pembelian nmah di Galaxi Bmni Pennai, daripada motif untuk tempat tinggal saja. Bagi sebagian besar responden membeli rumah di Galaxi Bmni Pennai, bukan mempakan kebutuhan pokok (segera dipenuhi), yang ditunjukkan oleh konstanta bemilai negatif (1,3745), karena bagiyang bennotivasi untuk tempat tinggal masih ada altematiflain untuk memiliki rumah yang hacganya lebih murah, sedangkan bagi responden yang bermotif investasi ada altematiflain dalam berinvestasi. Berdasarkan uji F disimpulkan Ho ditol~ karena diperoleh F.bib.ms =37,475 pada taraf signiftkansi F = 0,0000 < a. = 0,05 dengan koefisien determinasi (R2) = 0,83790. HasH uji t dari model full regression diketahui bahwa harga (Xl), cara pembayaran (X4), sarana (X5), prasarana (X6), dan lokasi (X7), berpengarub signifikan, karena memiliki significant t (probabilitas; p) < a. = 0,05, sedangkan desain nunah (Xl), kualitas bahan (Xl), dan pengaruh promosi (X8) tidak berpengaruh signifikan, karena memiliki significant t (probabilitas; p) > a:, = 0,05. Berdasarkan hasil uji t, disimpulkan bahwa variabel harga (Xl) berpengaruh dominan temadap keputusan konsumen untuk membeli rumah di Galaxi Bmni Permai, karena memiliki terbesar (-3,858), sedangkan variabel kualitas bahan bangunan memliki pengaruh terendah, brena memiliki lmtuns terkecil (0,540) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 108/01 Pur a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, QUALITY OF PRODUCTS, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YENl PURWIYANTI, 049822152EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Ec. SRI WAHYUNI ASTUTI MS., Dra., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Nov 2016 19:29
Last Modified: 18 Jun 2017 15:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item