ANALISIS EFISIENSI PASAR MODAL INDONESIA DITINJAU DARI REAKSI INVESTOR TERHADAP PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLITS) PERIODE 1998-2000

B. WILDA HIMAWAN, 049514985 (2001) ANALISIS EFISIENSI PASAR MODAL INDONESIA DITINJAU DARI REAKSI INVESTOR TERHADAP PENGUMUMAN PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLITS) PERIODE 1998-2000. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 121-01 Him a.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasar modal sebagai sarana untuk mencari dana maupun berinvestasi diharapkan dapat beroperasi dengan efisien. Efisiensi pasar modal dapat diartikan dalam hal operasional (seperti kelancaran sistem jual beli dan biaya transaksi yang rendah) maupun dalam hal informasional. Efisiensi pasar dalam hal informasional dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: 1. Efisiensi bentuk lemah (weakform efficiency) 2. Efisiensi bentuk setengah kuat (semi-strongform efficiency) 3. Efisiensi bentuk kuat (strongform efficiency) Dalam penelitian ini akan dilihat apakah Pasar Modal Indonesia dalam hal ini Bursa . Efek Jakarta telah mencapai tingkatan efisiensi (informasional) bentuk setengah kuat. Pengujian apakah Bursa Efek Jakarta telah mencapai tingkatan efisiensi bentuk setengah kuat dilakukan dengan melihat kecepatan reaksi harga saham terhadap pengumuman pemecahan saham perusahaan. Dalam pengujian efisiensi ini digunakan teknik analisis event study yaitu studi yang menganalisa perilaku harga saham diseputar waktu pengumuman suatu informasi (event) tertentu. Teknik analisis ini digunakan dengan menghitung abnormal return yang didasarkan pada market model, yaitu: R j.t = alpha j + Betha j + Rm,t +e Market model menjelaskan bahwa return suatu saham dipengaruhi oleh return pasar dan faktor lain yang tidak terduga (dalam penelitian ini informasi baru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga saham bereaksi lambat terhadap pengumuman penecahan saham. Hal ini tercermin dari keberadaan abnormal return yang terjadi pada hari ke-5 setelah pengumuman dilakukan. Keadaan ini mengindikasikan bahwa Pasar Modal Indonesia belum mencapai efisiensi tingkat setengah kuat pada periode 1998 2000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 121/01 Him a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STOCK EXCHANGES, STOCK SPLITTING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
B. WILDA HIMAWAN, 049514985UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. B. M. SANTIKA, Dr., SEUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Nov 2016 20:07
Last Modified: 18 Jun 2017 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46895
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item