PENGARUH LAMA REAKSI TERHADAP SINTESIS OKTILp-METOKSISINAMAT DARI REAKSI ANTARA p-METOKSISINAMOIL KLORIDA DENGAN n-OKTANOL

LISTARINI KURNIAWATY, 059912134 (2003) PENGARUH LAMA REAKSI TERHADAP SINTESIS OKTILp-METOKSISINAMAT DARI REAKSI ANTARA p-METOKSISINAMOIL KLORIDA DENGAN n-OKTANOL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FF 51-04 Kur p.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

surya. Salah satu senyawa itu oktil p~metoksisinamat. Oktil p-metoksisinamat ini memiliki aktivitas sebagai sediaan tabir surya yang lebih menguntungkan daripada senyawa asamnya, karena senyawa asam tni memiliki stfat yang mudah larut dalam air sehingga kurmlg efektif bila digl1nakml sebagai sediaan tahir sl1rya. Untuk itll pada penelitian ini akan dilakllkan sintests oktil p-metoksisinamat dengan menggunakan material awal asam p-mefoksisinamat. Ada empat maeam reaksi pembentl.lkan ester yaitu reaksi langsl.lng an tara asam karboksilat dengan alkohol, reaksi antara klorida asam dengan alkoho\, reaksi antara anhidrida asam dengan alkohol dan transesterifikasi. Berdasarkan pada penelitiml terdahulu sintesis senyawa oktil p-metoksisinamat ini sudah pemah dilakukan dengan menggunakan asam karboksilat direaksikan langsullg dengan alkohol. Persentase hasi1 dari metode ini adalah 53,4%. Pada metode ini reaksi hersifat reversihel dan herjalan lambat karena n-oktanol merupakan suatu m01ekul besar. Disamping itll 17-oktanol juga bukan merupakan senyawa yang reaktif karena OR bukan merupakan gugus pergi yang baik sehingga tetjadinya tumbukan reaksi dengan p-metoksisinamoil klorida akan lebih sulit. Sintesis oktiJ p-metoksisinmnat juga SUdall pernah diJaporkan dengall menggunakan metode transesterifikasi. Persentase hasH daTi metode ini adalah 87,4%. Pada transesteriftkasi reaksinya juga hersifat reversibel sehingga perlu penambahan n-oktanol herlebih untllk mendorong reakst agar berjalan ke kanan. Akibatnya pada proses pemurnian oktil p-metoksisinamat akan mengalami kesulitan karena n-oklanol memihki se1isih litik didih yang sangat kedl dengan oktil p-metoksisinamat. Untuk itu reaksi sintesis pada peneiitian ini dilakukan dengan menggunakan metode yang kedua yaitu reaksi antara klorida asam dengan alkohol. Selain belum pemah dilakukan, reaksi ini bersifat irreversibel sehingga tidak perlu penambahan n-oktanol berlebih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 51-04 Kur p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: CHEMISTRY;ORGANIC
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
LISTARINI KURNIAWATY, 059912134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. HADI SISWONO, Dr.UNSPECIFIED
ContributorHADI PARWONO, Dr. M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 23 Nov 2016 20:19
Last Modified: 18 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item