PROFIT VARIANCE ANALYSIS DENGAN PERSPEKTIF STRATEGIK UNTUK MENGEVALUASI KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA)

SURYANI DAENG NIAK, 049836225 (2000) PROFIT VARIANCE ANALYSIS DENGAN PERSPEKTIF STRATEGIK UNTUK MENGEVALUASI KINERJA MANAJEMEN (STUDI KASUS PADA PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 114-01 Nia p.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan tidak dapat memperoleh daya saing strategis dan laba diatas rata-rata tanpa pemahaman dan penjajaran tindakan strategis dengan industri dan Iingkungannya. BUMN sebagai perusahaan milik Negara yang berorientasi profit dituntut untuk mampu bersaing dengan perusahaan sektor swasta lain untuk mampu berebut pasar dalam era perdagangan bebas dan globalisasi. Untuk itu, sebagai perusahaan yang berorientasi profit, tidak dapat dielakkan lagi perlunya evaluasi kinerja manajemen yang berdasarkan pada kemampulabaannya. Dalam proses evaluasi ini ada berbagai macam analisa dan kriteria kinerja yang dapat diterapkan. Analisa dan kriteria apa yang akan diterapkan tergantung pada informasi yang ingin diketahui oleh para pengguna (manajemen maupun pihak eksternal). Sementara itu, peranan informasi akuntansi itu sendiri di dalam bisnis adalah untuk menfasilitasi pengembangan dan implementasi strategi bisnis. Merujuk pada kebijakan pemerintah untuk melaksanakan program restrukturisasi,prOfitisasi, dan privatisasi sejumlah BUMN, perlu kiranya bagi perusahaan untuk menerapkan analisa varian laba dengan perspektit strategik dalam mengevaluasi kinerja manajemen. Analisa varian laba dengan perspektif strategik memiliki acuan yang searah dengan program restrukturisasi, profitisasi, dan privatisasi yang hendak dilaksanakan oleh pemerintah. yaitu menilai kinerja manajemen dalam konteks strategik. Analisa varian laba dalam penelitian ini menggunakan 3 pendekatan tase pemikiran. Fase pemikiran I adalah analisa varian laba dengan pendekatan laporan laba (rug i) tahunan. Fase pemikiran II adalah analisa varian laba dengan pendekatan orientasi manajemen. Dan fase pemikiran III adalah analisa varian laba dengan menggunakan kerangka kerja strategik. Penerapan analisa varian laba tanpa melihat konteks strategik bisnis akan menghasilkan informasi yang kurang memadai bagi evaluasi kinerja manajemen. Oleh karena hasil analisa varian yang favorable tidak mencerminkan kinerja manajemen yang favorable, begitu pula varian yang unfavorable belum tentu menggambarkan kinerja manajemen yang unfavorable. Hubungan antara varian dengan kinerja tergantung pada konteks strategik bisnis yang dievaluasi. Dari penerapan analisa varian laba dengan perspektit strategik pada PT. Industri Sandang Nusantara diperoleh informasi bahwa perusahaan memiliki ketidaksesuaian antara misi yang diambil dan keunggulan bersaingnya. Dan hal ini sudah pasti akan berpengaruh pada perancangan sistem pengendalian. Sistem pengendalian manajemen yang baik merupakan modal dasar bagi kemajuan perusahaan dan kesuksesan pelaksanaan program restrukturisasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
SURYANI DAENG NIAK, 049836225UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 23 Nov 2016 20:47
Last Modified: 18 Jun 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item