ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI EMPAT NEGARA ASEAN

MARIA LISABETH VICKY ROOSITA, NIM.: 049715693 (2002) ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI EMPAT NEGARA ASEAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 66-02 ROO A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendapatan yang relatif rendah di negara -negara berkembang, termasuk Empat Negara ASEAN, menyebabkan tabungan yang diciptakan masyarakat rendah dan pendapatan pemerintah yang diperoleh dari perpajakan juga rendah. Sebaliknya kebutuhan untuk mempercepat tingkat pertumbuhan membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh sebab itu, pemerintah selalu melakukan usaha -usaha untuk memperoleh dana untuk pembangunan, yang antara lain dengan menarik investor asing untuk menanamkan modalnya yang berupa Penanaman Modal Asing. Di Empat Negara ASEAN ini. Penanaman Modal Asing yang diyakini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara ini, nilainya cukup besar. Hal ini terjadi, karena pemerintah masing-masing negara berusaha untuk menarik modal dari investor negara -negara perusahaan multinasional dengan berbagai kebijakam untuk mempermudah prosedur berinvestasi di masing -masing negara. Sebaliknya perusahaan multinosional selaku investor lebih banyak memilih untuk menanamkan modolnya di kawasan ASEAN dengan berbagai pertimbangan, antara lain karena negara -negara di kawasan ini mempunyai tingkat pertumbuhan yang stabil dan cukup tinggi. Dari uraian di atas, maka penelitian ini berusaha melihat apakah besarnya Penanaman Modal Asing yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi (sebagai penyebab) ataukah pertumbuhan ekonomi yang mempengaruhi Penanaman Modal Asing (sebagai akibat) di Empat Negara ASEAN. Untuk keperluan penelitian ini, digunakan analisis kausalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Indonesia, pertumbuhan Penanaman Modal Asing berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan di Malaysia terlihat bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap pertumbuhan Penanaman Modal Asing. Dan untuk negara Philipina dan Thailand pertumbuhan Penanaman Modal Asing tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 66/ 02 Roo a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4538 Foreign investments
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MARIA LISABETH VICKY ROOSITA, NIM.: 049715693UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantSoedarto, Drs. Ec., M.Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:12
Last Modified: 23 Nov 2016 21:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46913
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item