PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, SIZE, PROFILE DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

MUTHIA ANDRIANA PUTRI, 040510245 (2010) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, SIZE, PROFILE DAN KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrimuthi-17218-abstrak-p.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-putrimuthi-14413-a22710-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dikeluarkannya UU Perseroan Terbatas No. 40 tahun 2007 yang mewajibkan setiap perusahaan yang usahanya berkaitan dengan sumber daya alam mengungkapkan tanggung jawab sosialnya dalam laporan tahunan maupun laporan terkait menyebabkan semakin banyak perusahaan yang melakukan pengungkapan. Pengungkapan yang dilakukan perusahaan tersebut beragam dikarenakan karakteristik dan filosofi masing-masing manajemen perusahaan yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik perusahaan dengan luas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan lima karakteristik perusahaan, yaitu profitabilitas, leverage, size, profile dan kepemilikan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan model analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis) dengan bantuan program SPSS versi 11.5. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan yang termasuk dalam industri perminyakan & pertambangan, manufaktur, property & real estate yang terdaftar di BEI selama tahun 2006, 2007 dan 2008. Berdasarkan hasil analisis regresi, penelitian ini menemukan bahwa secara simultan profitabilitas, leverage, size, profile dan kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya leverage, size dan profile perusahaan saja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 227 10 Put p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MUTHIA ANDRIANA PUTRI, 040510245UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Ningsih, SE., M.Si., Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 28 Mar 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 23:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item