PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN UANG DI INDONESIA KAJIAN DENGAN PENDEKATAN PENDAPATAN ABSOLUT

JOEDI PRAMONO, NIM.: 049013456 (1997) PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN UANG DI INDONESIA KAJIAN DENGAN PENDEKATAN PENDAPATAN ABSOLUT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 672-98.Pra p.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan dengan menggunakan pendekatan pendapatan absolut. Selain itu ingin diketahui pula, apakah dalam jangka pendek masyarakat memperhitungkan suplai uang periode sebelumnya dalam proses penyesuaian permintaan uang yang diharapkannya. Variabel-variabel lain yang akan dimasukkan kedalam model adalah tingkat bunga sertifikat deposito, tingkat harga saham yang diharapkan dan tingkat harga umum yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa ternyata tingkat pendapatan masyarakat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap permintaan uang di Indonesia. Dalam jangka pendek, ternyata terbukti bahwa masyarakat tidak memperhitungkan suplai uang periode sebelumnya terhadap permintaan uangnya saat ini Artinya suplai uang periode sebelumnya tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap permintaan uang saat ini. Tingkat suku bunga sertifikat Deposito tidak mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan koefisien regresi seperti yang diharapkan, yaitu bertanda negatif. Tingkat harga saham yang diharapkan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan koefisien regresi tidak seperti yang diharapkan, yaitu bertanda positif. Tingkat harga umum yang diharapkan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan koefisien regresi seperti yang diharapkan, yaitu bertanda negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 672/ 98 Pra p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1621-1638 Interest rates. Interest tables
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
JOEDI PRAMONO, NIM.: 049013456UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSoebagyo, SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:44
Last Modified: 18 Jun 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item