PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM AKSI PENGAMBILAN KAYU HUTAN (Studl Kasus di desa Cabak Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Propinsi Jawa Tengah)

WIWIT JUWITASARI, 079715617 (2003) PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM AKSI PENGAMBILAN KAYU HUTAN (Studl Kasus di desa Cabak Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Propinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ant 07-03 Juw p.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Interaksi intensif antara masyarakat kampung hutan dengan kawasan hutan menyebabkan ikatan secara sosial kultural masyarakat kampung hutan terhadap hutan. Namun paradigma pengelolaan hutan yang berbasis pada negara mengakibatkan masyarakat kampung hutan merasa terpinggirkan. Hal ini mengakibatkan konflik antara masyarakat kampung hutan dan Perhutani -sebagai wakil negara dalam pengelolaan hutan-mlmcul ke permukaan. Konflik tersebut terlihat melalui aksi pengambilan kayu hutan yang dilakukan oleh masyarakat kampung hutan di berbagai wilayah Indonesia.Berkenaan dengan hal tersebut penelitian ini berusaha untuk melihat serta menjelaskan aksi pengambilan kayu hutan yang teIjadi di Desa Cabak yang kehidupan masyarakatnya banyak bergantung pada hutan. Selain itu pene1itian ini berusaha untuk menjelaskan tentang peran tokoh masyarakat sehubungan dengan terjadinya aksi pengambilan kayu hutan oleh masyarakat di wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hlltan (BKPH) Cabak. Penelitian ini merupakan studi kasus yang berusaha menjelaskan slIatu kasus yang terjadi dalam masyarakat, sehingga metode penelitian yang dib'1.makan adalah metode penelitian kualitatif. Tehnik Pengumpulan Data mengglluakan wawancara dan observasi ditambah dengan data sekunder. Analisis datanya menggunakan ,malisis kllalitatiftif untuk memperolch penjc1asan mcndalam tentang peran tokoh masyarakat dalam aksi pengambilan kayu hutan serta untuk menjelaskan tentang latar belakang konflik antara masyarakat Desa Cabak dengan Perhutani BKPH Cabak. HasH penelitian ini adalah: Konflik antara masyarakat dan Perhutani menyebabkan tetjadinya aksi pengambilan kayu hutan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cabak sebagai bentuk pengaktualisasian diri di hadapan Perhutani. Aksi pengambilan kayu hutan sebagai benm.k perlawanan masyarakat Desa Cabak yang bermuara pada hak pengelolaan dan penggunaan hasH hutan yang dirugikan oleh Pemerintah (dalam hal ini Perhutani) sesungguhnya merupakan refleksi dati sebuah kesadaran masyarakat dalam mempertahankan haknya hak milik atas hlltan dan makna hutan itu sendiri dalam kehidupan masyarakat setempat. Sementara tokoh masyarakat sebagai pemimpin infonnal masyarakat setempat merasa bertanggung jawab di hadapan penguasa yang tidak adil serta merugikan rakyat. Di dalam aksi pengambilan kayu hutan oleh masyarakat Desa Cabak peran Tokoh masyarakat adalah sebagai katalisator, negoisator, pelindung, legitimator, organisator dan distributor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 07-03 Juw p
Uncontrolled Keywords: TAKING WOOD FORESTS
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIWIT JUWITASARI, 079715617UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDMoh. Adib, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 23 Nov 2016 22:29
Last Modified: 03 Jan 2018 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item