PENGARUH POS PENERIMAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (TAHUN 1969 -1993)

LUKY HARIANI, NIM.: 049213810 (1998) PENGARUH POS PENERIMAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (TAHUN 1969 -1993). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk C 675-98.Har p.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan pembangunan nasional adalah menciptakan masyarakat adil dan makmur seperti yang dirumuskan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Untuk merealisasikan tujuan tersebut dibutuhkan waktu yang cukup panjang, oleh karena itu pembangunan nasional dilaksanakan secara bertahap dan terus-menerus. Dalam jangka panjang, pembangunan nasional memberikan perhatian yang lebih besar dalam bidang ekonomi karena keberhasilan pembangunan ekonomi akan mempertinggi kemampuan bangsa untuk melaksanakan pembangunan di bidang lainnya. Dalam melaksanakan pembangunan diperlukan dana yang cukup besar, yang antara lain dihimpun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Melihat perkembangan penerimaan APBN sejak Pelita I sampai dengan Pelita V terlihat adanya perubahan-perubahan baik dalam jumlah maupun komposisinya. Penghimpunan dana melalui APBN ini sangat diperlukan untuk mewujudkan suatu kerangka landasan pembangunan yang kokoh sehingga apabila terjadi perubahan -perubahan dalam APBN maka akan berdampak pula pada pelaksanaan pembangunan. Dengan menggunakan metode OLS dan analisis regresi linier berganda, diketahui bahwa pada periode pengamatan tahun 1969 -1993, pos penerimaan APBN (penerimaan migas, penerimaan di luar migas dan bantuan luar negeri) mempunyai pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pengaruh tersebut adalah positif. Dengan demikian hipotesis penulis yang menyatakan bahwa: Pertama, variabel-variabel pos penerimaan APBN (penerimaan migas, penerimaan di luar migas dan bantuan luar negeri) mempunyai pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia salama kurun waktu 1969-1993 diterima. Kedua, variabel-variabel pos penerimaan APBN ( penerimaan migas, penerimaan di luar migas, dan bantuan luar negeri) mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama kurun waktu 1969 -1993 dengan arah yang positif juga diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 675/ 98 Har p
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
LUKY HARIANI, NIM.: 049213810UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantSoedjono Abipraja, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:51
Last Modified: 18 Jun 2017 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item