EFEKTIFITAS OPERASI PASAR TERHADAP PENGENDALIAN HARGA BERAS ( STUDI DESKRIPTIF ENGENDAUAN HARGA BERAS DI SUB DOLOG WlL 1 SURABAYA UTARA DI SIDOARJO)

AGUNG HENDARTO, 078912395 (1997) EFEKTIFITAS OPERASI PASAR TERHADAP PENGENDALIAN HARGA BERAS ( STUDI DESKRIPTIF ENGENDAUAN HARGA BERAS DI SUB DOLOG WlL 1 SURABAYA UTARA DI SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 102-97 HEN E.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beras merupakan makanan pokok bagi aebagian basar penduduk Indonesia yang pemenuhannya tidak dapat ditunda-tunda lagi. Beras selain mengandung zat karhohidrat yang· cukup tinggi Juga mempunyai ni lai tersendiri bagi sebag1an rakyat Indonesia. sehingga sedikit perubahan mengenai harga Jual dl pasaran dan kekurangan stock dalam qudanq beras BULOG akan menyebabkan ketimpangan perekonomian ;ehin~ga terjad1 inflasi. Dan inflasi di Indonesia in1 sebagian besar memang disebabkab oleh kelompok makanan yaitu dari sektor beras. Dari hal tersebut di atas maka pemerintah telah membentuk suatu lembaga non departermen yang mempunyai tugas khusus mengurusi sembllan bahan pokok khususnya beras yaitu BULOG. BULOG sebaga1 agen pemerintah berusaha semaksimal mungk1n agar parsediaan beras nasional melalui pengadaan dalam nageri dan luar negeri ( b1la dirasa perlu ) selalu dalam kaadaan "aman' . dalam arUan tidak terjadi kelangkaan beras. Bahkan menurut KABULOG DR. Ir. 8eddu Amang sedikitnya pengadaan pangan adalah 2 juta ton. Kelangkaan beras bisa saja terjadl pada saat musim paceklik ataupun pada saat Hari Raya / Lebaran. dimana permintaan beras sangat tinggi. Agar. harga beras selalu berada dalam trend yang normal. seringkali BULOG/ DOLOG '/Sub DOLOG mengadakan operasi pasar dengan tUJuan 1nflasi dapat ditekan seminimal mungkin. Dari sinilah peneliti mencoba melak~kan penelitian dengan tipe penelitian deskriptif dan dengan manggunakan analisa kualitatif untuk mempel-oleh gambaran dan keterangan yang leblh mendalam tentang efektititas operasi pasar terhadap pengendalian harga yang dilaksanakan olah Sub DOLOG Wil I Surabaya Utara. Dimana instansi ini mempunyai wicayah kerja di Daerah Tingkat II Kodya Surabaya. Daerah Tingkat II Gresik dan Daerah Tingkat II Sidoarjo telah berulang kali melakukan operasi pasar khususnya beras. Sedangkan Responden yang dlwawancaral untuk penelitian ini dari Sub DOLOG Wil I Surabaya Utara adalah Bapak Drs. Soeglto. Bapak Akhwan. Bapak Prayitno. 8apak S. Hadi. Ibu Ora Ec Hj Hamida ,dan Ibu Suhartl. untuk responden konsumen adalah Ibu Niken. Ibu Moegiwati. Ibu Yanthi dan Ibu Fauzi dan untuk petani KUD adalah Bapak Zaenal Hayat Hs. Bapak Drs. Ainuri dan Bapak Aritin. Setelah mengadakan penelitian sekitar satu bulan labih di daerah ini. maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa operasi pasar efektif terhadap pengendalian harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 102-97 HEN E
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN HARGA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AGUNG HENDARTO, 078912395UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRoestoto Hartojoputro, Drs. , SU.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Nov 2016 23:19
Last Modified: 18 Jun 2017 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item