Jurnalisme Damai dalam Surat Kabar (Studi deskriptif dengan teknik Analisis isi tentang Penerapan Konsep Jurnalisme Dalam dalam Pemberitaan Peristiwa Peledakan Bom di Legian, Kuta, Bali di Harian Kompas dan Jawa Post)

ADAM YUDHISTIRA, 079514874 (2006) Jurnalisme Damai dalam Surat Kabar (Studi deskriptif dengan teknik Analisis isi tentang Penerapan Konsep Jurnalisme Dalam dalam Pemberitaan Peristiwa Peledakan Bom di Legian, Kuta, Bali di Harian Kompas dan Jawa Post). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
K 37-06 Yud j.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media massa termasuk juga surat kabar mempunyai kekuatan antara lain melalui proses pembingkalan (framing), teknik pengemasan fakta, penggambaran fakta, pemllihan angle, penambahan atau pengurangan photo atau gambar dan lain-lain. Media massa juga berpotensi untuk mengobarkan, atau juga meredam konflik yang dapat menjadi benturan dalam suatu masyarakat. Selain itu, media massa juga dapat memperjelas konflik ataupun sebaliknya, yaitu mengaburkan dan mengefiminimya. Surat kabar secara langsung maupun tidak langsung ikut berperan mengkontruksi realitas-realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Dalam arena sosial ini berbagai isu permasalahan sehari-hari, didefinisikan oIeh berbagai pihak yang berkepentingan, masing-masing dengan definisi versi mereka sendiri dan rnasing-masing bertarung untuk menjadikan versi-nya sebagal yang paling sahih. Oleh karena itulah kedudukan institusi surat kabar, tidak bisa dianggap sebagai sebuah saluran yang netral dan pasif. Surat kabar seringkali bertindak ter1alu menggebu dan ber1ebihan dalam memenuhi tuntutan masyarakat sebagai pembawa informasi. Surat kabar merupakan sebuah agen yang bertindak untuk mendifinisikan isu-isu atau permasalahan yang sedang tefjadi, siapa yang ikut terlibat didalamnya, dan lain sebagainya menurut versi masing-masing surat kabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: K 37-06 Yud j.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ADAM YUDHISTIRA, 079514874UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS.S. Andarini., Dra. S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 23 Nov 2016 23:45
Last Modified: 18 Jun 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item