PBNGARUH KARAKTERlSTIK. TUJUAN ANGOARAN TERHADAP KINERJA MANAJER MENENGAH PADA BUMN DI SURABAYA (SUDUT PANDANG PERSEPSI MANAJER)

BOBBY OKTOFIANTORO PAMUNGKAS, 049611119 E (2001) PBNGARUH KARAKTERlSTIK. TUJUAN ANGOARAN TERHADAP KINERJA MANAJER MENENGAH PADA BUMN DI SURABAYA (SUDUT PANDANG PERSEPSI MANAJER). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 234-01 Pam p.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anggaran mempunyai dua peran penting dalam suatu pernsahaan. Di satu SISI anggaran mernpakan kampanen kunc; dari proses perencanaan karena mernpakan rencana jinansial pernsahaan untuk waktu yang akan datang, dimana didalamnya tercantum tujuan dan tindakan yang diperlukan, serta manajer atau karyawan yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebul. Di lain pihak. sebagai sebuah rencana tindakan anggaran dapat digunakan sebagai alat untuk mengendalikan kegiatan arganisas; atau unit arganisas; dengan cara membandingkan antara hasil sesungguhnya yang dicapai dengan rencana yang telah ditetapkan. Besamya penyimpangan dan faktar yang mempengarnhinya dapat diketahui dengan melakukan analisis penyimpangan (variance analysis). dimana hasilnya nant; dapat digunakan sebaga; dasar dalam meni/ai dan memperbaiki prestasi manajer. Anggaran yang disusun aleh manajemen secara bertahap akan membawa pernsahaan pada kandist tertentu yang diinginkan dengan pengarbanan sumberdaya tertentu yang telah diperhttungkan. Tanpa adanya anggaran maka dalam jangka pendek pernsahaan akan berjalan tanpa arah yang jelas dan dengan pengarbanan sumberdaya yang tidak lerkendalikan pula. Apabi/a anggaran digunakan sebagai dasar da/am penilaian prestasi manajer, manajer puncak perlu untuk memperhatikan karakteristik tujuan anggaran. Karakteristik tujuan anggaran adalah kr;teria yang mempengarnhi gaya penyusunan dan pelaksanaan anggaran dalam mencapat tujuan anggaran tersebut. Karakteristik tujuan anggaran int meliputi partisipasi, evaluasi anggaran, umpan balik anggaran, kejelasan tujuan. dan kesulitan dalam pencapaian anggaran. Karakteristik tujuan anggaran perlu diperhatikan karena karakteristik tujuan anggaran tersebut di satu sisi dapat memaltvast manajer untuk mencapai tujuan, tetapi dt sisi yang lain dapat menghambat tujuan pencapaian anggaran. Penelitian ini dtmaksudkan untuk mengetahui pengarnh dari karakteristik tujuan anggaran terhadap kinerja manajer menengah pada BUMN di Surabaya. baik secara parstal maupun secara serempak. Sampel dalam penelitian int adalah sebanyak 30 orang manajer menengah dart beberapa BUMN yang mempunyai tanggungjawab anggaran. . Hasil dart penelitian in; menunjukkan bahwa secara serempak karakteristik tujuan anggaran mempunyai pengarnh terhadap kinerja manajer. Sedangkan secara parsial variabel evaluasi anggaran, umpan balik, kejelasan, serla tingkat kesulilan anggaran mempunyai pengarnh pasitifterhadap kinerja manajer, dan hanya variabel partisipast anggaran saja yang tidak berpengarnh lerhadap kinerja manajer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 234-01 Pam p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PBNGARUH KARAKTERlSTIK. TUJUAN ANGOARAN TERHADAP KINERJA MANAJER MENENGAH PADA BUMN DI SURABAYA (SUDUT PANDANG PERSEPSI MANAJER)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
BOBBY OKTOFIANTORO PAMUNGKAS, 049611119 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSLICH ANSHORI, Dr.H.,MS.i, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Nov 2016 01:35
Last Modified: 18 Jun 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item