ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMPERBAIKI ATAU MEMBELI MESIN PRODUKSI BARU PADA PT. GARAM SURABAYA

ARY FAJAR NURSANTI, 040234700 E (2004) ANALISIS BIAYA RELEVAN UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MEMPERBAIKI ATAU MEMBELI MESIN PRODUKSI BARU PADA PT. GARAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 38-05 Nur A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. GARAM adalab perusahaan manufaktur yang memproduksi garam, hingga saat ini berupa garam halus dan garam kasar beryodium. PT. GARAM berbentuk persero dengan kantor pusat berkedudukan di Kalianget, Madura dengan pabrik di Wilayah Jawa Timur terdapat di Gresik dan Madura. Tujuan perusahaan selain memproduksi garam berkualitas sesuai dengan standart garam industri sehingga Indonesia tidak harus mengimport garam industri dan luar negri, juga turut membina petani garam sehingga produksinya memenuhi syarat. Penelitian yang dilakukan penulis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan analisis biaya relevan sebagai alat bantu manajemen dalam menentukan keputusan memperbaiki mesin lama atau membeli mesin baru, dan memilih mesin baru mana yang akan dibeli. Dalam pembelian mesin baru PT. GARAM memiliki beberapa alternatif, ada 2 (dua) mesin yang bisa dipilih, yaitu mesin A atau mesin B. Dan alternatif membiayai investasi tersebut dengan menggunakan modal sendiri atau melakukan pinjaman pada bank. Dalam menganalisis keputusan investasi ini digunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan nondiscunting models dan discounting models. ldentifikasi dilakukan terhadap semua data dan iuformasi biaya yang relevan terhadap alternatif keputusan manajemen, kemudian dilakukan proyeksi arus kas dan menghitung payback period, memperbitungkan nilai waktu dari semua net cash flaw dengan metode net present value (NPV), menghitung average return an invesnment dan internal rate of return ORR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 38-05 Nur A
Uncontrolled Keywords: capital budgeting, time value of money, differential cost
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARY FAJAR NURSANTI, 040234700 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Nov 2016 17:51
Last Modified: 24 Nov 2016 17:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item