EVALUASI PENERAPAN PROSEDUR PENGENDALIAN PENJUALAN KREDIT SERTA HUBUNGANNYA DENGAN EFEKTIVITAS PENAGIHAN DAN PELUNASAN PIUTANG DAGANG (STUDI KASUS PADA PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO))

HARTATIK DWl PANGESTI, 049816051 (2003) EVALUASI PENERAPAN PROSEDUR PENGENDALIAN PENJUALAN KREDIT SERTA HUBUNGANNYA DENGAN EFEKTIVITAS PENAGIHAN DAN PELUNASAN PIUTANG DAGANG (STUDI KASUS PADA PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO)). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 115-04 PAN E.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijaksanaan penjualan secara kredit yang digunakan oleh perusahaan diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan yang nantinya akan berpengaruh besar terhadap laba yang diperoleh. Dengan adanya penjualan kredit maka akan timbul piutang bagi perusahaan kepada pelanggan (costumer), Hal ini disebabkan adanya tenggang waktu antara penyerahan barang sampai dengan diterimanya pembayaran, sesuai dengan pengakuan pendapatan berdasarkan akrual (accrual basis) seperti yang disebutkan dalam Standar Akuntansi Keuangan. Piutang usaha merupakan unsur yang penting dalam suatu neraca perusahaan. Untuk mengelola piutang usaha sebagai salah satu aset perusahaan, pihak perusahaan perlu memelihara hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan baik ini terkadang menciptakan suatu dilema bagi pihak perusahaan karena di satu sisi dalam memberikan suatu piutang perusahaan harus menaati prosedur tertentu yang tidak boleh sembarangan dilanggar dan di sisi lain hubungan baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan menginginkan perlakuan yang khusus dan terkadang perlakuan khusus ini tidak mengindahkan prosedur yang ada. Penelitian dilakukan dengan mengl,runakan pendekatan kualittif smdi kasus pada prosedur penjualan kredit PT Industri Soda Indonesia (Persero). Perneriksaan terhadap struktur pengendalian intern (SPI) pada prosedur penjualan kredit PT Industri Soda Indonesia (Persero) dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner dengan sistern yes and no qUeJ.lion, Dari hasil wawancara dan penyebaran kuisioner diperoJeh kesimpuJan bahwa SPI prosedur penjualan kredit dapat diandalkan. Oleh karena itu efektivitas SPI prosedur penjualan kradit PT Industri Soda Indonesa (Persero) diuji dengan menggunakan slop or go sampling. Pada prosedur penjuaan kradi! lni !erdapat 4 atibut yang diuji selarna tahun 2002 sebagai populasi. Jumlah sample yang diambil untuk masing-masing atribut adaJah 60 sampeJ. Dari uji efektivitas ini dapat disimpulkan bahwa SPI pada prosadur penjuaJan k,edit tidal< menernui penyimpangan dan sudah dilaksanakan secar efektif. Selain itll juga dilakukan analisis aging schedule, perputaran piutang, dan hari rata-rata pengurnpulan piutang untuk mengetahui hubungan antara prosadur penjualan kradit dengan efektivitas penagihan dan pelunasan piutang dagang pada perusahaan illi,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penjualan kredit, piutang dagang, struktur pengendalian intern
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
HARTATIK DWl PANGESTI, 049816051UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 24 Nov 2016 18:16
Last Modified: 18 Jun 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item