PERANAN ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN PAYMENT GATEWAY PADA PT X DI JAKARTA

IKA WAHYUNI ROSITASARI, 049615203 (2001) PERANAN ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN PAYMENT GATEWAY PADA PT X DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 126-01 Ros p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E-Commerce sebagai metode bertransaksi lewat media internet, menjadi salah satu pilihan dalam mengembangkan usaha. Hal ini memberi peluang bagi perusahaan penyedia jasa internet khususnya penyedia fasilitas payment gateway dalam mendukung perusahaan yang ingin berbisnis lewat internet dengan membuat sarnbungan atau gerbang I gateway dari komputernya ke mal belanja layanan online komersial tersebut. Beberapa provider telah menyelenggarakan layanan ini termasuk diantaranya adaIah PT. X. salah satu ISP terkemuka, yang juga telah me1uneurkan layanan dengan merek dagang (brand) Bayaronline.eom. Akhir-akhir ini, persaingan menjadi semakin ketat di antara provider yang menyediakan fasilitas payment gateway dalam memberikan jasa pelayanannya. Untuk itu. peranan strategi pemasaran semakin dibutuhkan. Permasalahannya adalah bagaimana analisis SWOT berperan dalam rangka menyusun strategi pemasaran pada PT. X di dalam memasarkan layanan payment gateway-nya. Salah satu alternatif solusi yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran layanan payment gateway di PT. X adalah menggunakan pendekatan analisis SWOT dengan metode analisa kualitatif. Pendekatan analisis tersebut. menitik beratkan pada pemahaman. pemikiran, dan persepsi dari penulis dan data yang digunakan berupa fenomena. peristiwa, serta pengetahuan atau obyek studi dalam kurun waktu I tahun. Dari hasil analisis SWOT (Strenghth Weakness Opportunity Threat) yaitu analisis untuk menentukan faktor-faktor aneaman. peIuang. kekuatan. dan ke1emahan terhadap perusahaan dcngan mclihat sektor-scktor di luar perusahaan. PT. X berada dalarn posisi strategi ST, yaitu perusahaan memiliki banyak kckuatan tetapi scbaliknya anearnan yang dihadapinya tidak keei!. Untuk mengatasi hal itu. stratcgi yang harus diterapkan adalah meng!,>unakan kekuatan yang dimiliki untuk mcmanfaatkan peluang jangka panjang dengan menerapkan strategi diversifikasi. Penulis juga membuat kuisioner bagi para manajer yang berhubungan langsung dengan produk Bayaronline.com. Bcrdasarkan analisis SWOT dilakukan pengolahan dan analisa data dengan model Intemal-EkstcmaI matrik diperoleh nilal total skor Efas = 3.22 dan Ejas 2.97. lni menunjukkan bahwa PT. X berada pada posisi Grow and Build. artinya strategi yang sesuai adalah strategi intensive (penetrasi pasar, pengembangan pasar. dan pengembangan produk) dan strategi integrative (integrasi ke depan. integrasi ke belakang dan integrasi horisontal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 126/01 Ros p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MARKETING, MANAGEMENT, ANALISIS SWOT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
IKA WAHYUNI ROSITASARI, 049615203UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. LILIK RUDIANTO, S.E., MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 24 Nov 2016 20:18
Last Modified: 19 Jun 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item