ANALISIS PENGARUH IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE DETERJEN SURF PADA PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA

GALUH PARAMITA SEKARHATI, 049711539E (2003) ANALISIS PENGARUH IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE DETERJEN SURF PADA PEMIRSA TELEVISI DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 126-05 SEK A.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan salah satu instrumen pemasaran modern yang aktifitasnya didasarkan pada konsep komunikasi. Karena merupakan bentuk komunikasi maka keberhasilannya dalam mendukung program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi. Sedangkan iklan melalui media televisi menjadi altematif pilihan yang menarik, di samping jangkauannya yang luas, juga sangat mendukung pembentukan citra merek suatu produk atau perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh iklan terhadap citra merek (brand image) deteIjen Surfpada media televisi melalui tanggapan penonton terhadap elemen-elemen iklan deterjen Surf: elemen-elemen tersebut antara lain : pictures (gambar), word~ (kata-kata yang terlihat dalam iklan), music, voices (katakata yang terdengar dalam ikIan), colours (komposisi warna yang dipakai dalam iklan), dan movements (gerakan pada tayangan iklan). Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental danpurposive sampling. Kepada 200 responden yang pemah melihat iklan deterjen Surf episode "Rumah Baru" di televisi diberikan serangkaian pertanyaan sehubungan dengan tanggapan mereka terhadap iklan tersebut dan sejauh mana brand image deterjen Surf menurut mereka. lawaban yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis linier berganda sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut: Y =0,705 + 0,105 (X1) + 0,069 (X2) + 0,015 (X3) + 0,292 (X4) + 0,169 (X5) + 0,163 (X6) Hasil pengujian dengan menggunakan uji F, menunjukkan bahwa iklan yang meliputi Pictures (Xl), Words (X2), Musics (X3), Voices (X4), Colours (X5), dan Movements (x6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap brand image deteljenSurfkarenaFlritung(51,36) > Ftabel(2,lO). Besarya kontribusi variabel-variabel iklan yang meliputi Pictures (Xl), Words (X2), Musics (X3), Voices(X4), Colours (X5), dan Movements (X6), secara simultan (bersama-sama) terhadap brand image deterjen Surf sebesar 61,5 %, sedangkan sisanya sebesar 38,5% dipengaruhi oleh variabel-variabellain di luar model. Sehingga disarankan dalam membuat iklan di masa yang akan datang, perusahaan dapat lebih memperhatikan variabel-variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap brand image produk yang diiklankan agar lebm menarik perhatian pemirsa. Begitu juga dengan variabel yang mempunyai pengaruh lebih kecil, perusahaan diharapkan juga memberikan perhatian agar dapat lebm mendukung pesan dari iklan yang ditayangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 126/05 Sek a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING, BRAND IMAGE, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
GALUH PARAMITA SEKARHATI, 049711539EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI HARTINI, SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 24 Nov 2016 20:25
Last Modified: 19 Jun 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item