PENGARUH PRICE EARNINGS RATIO DAN PRICE BOOK VALUE TERHADAP PENDAPATAN SAHAM DI BEJ (PERIODE SEBELUM DAN SEMASA KRISIS EKONOMI)

ANDRY APRIAWAN, 049715656 (2002) PENGARUH PRICE EARNINGS RATIO DAN PRICE BOOK VALUE TERHADAP PENDAPATAN SAHAM DI BEJ (PERIODE SEBELUM DAN SEMASA KRISIS EKONOMI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 127-03 APR P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu sumber infonnasi yang tersedia bagi investor adalah laporan keuangan yang dipublikasikan. Dari laporan keuangan tersebut dapat dilakukan analisis dengan menggunakan berbagai rasio untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Diantara berbagai rasio keuangan yang ada, rasio yang dapat digunakan untuk pengarnbilan keputusan investasi adalah rasio harga terhadap pendapatan (Price Earnings Ratio -PER) dan rasio harga terhadap nilai buku perusahaan (Price Book Value -PBV). Krisis ekonomi yang teIjadi di Indonesia dimulai dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika sejak bulan Juli 1997, diperparah dengan kondisi sosial politik dalarn negeri yang tidak menentu. Rasio PER dan PBV sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan investasi di pasar modal menarik untuk dilakukan penelitian, baik pada periode sebelum maupun semasa krisis ekonomi, untuk mengetahui apakah mempunyai pengaruh yang signifIkan terhadap pendapatan saham. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 34 perusahaan yang go public di BEl selarna periode sebelum krisis ekonomi (Januari 1994 sampai dengan Juni 1997) dan 38 perusahaan periode semasa krisis ekonomi (Juli 1997 sampai dengan Desember 2000), menunjukkan bahwa rasio PER dan PBV secara bersama-sama maupun individu mempunyai pengaruh signifIkan yang negatif terhadap pendapatan saham, baik pada periode sebelum maupun semasa krisis ekonomi. PER mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap pendapatan saham daripada PBV baik pada periode sebelum maupun semasa krisis ekonomi. Rasio PER dan PBV pada periode sebelum krisis ekonomi mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap pendapatan saham daripada rasio PER dan PBV pada periode semasa krisis ekonomi. Situasi pasar modal di Indonesia yang banyak dipengaruhi oleh faktor -faktor eksternal, menjadikan pengambilan keputusan investasi berdasarkan rasio PER dan PBV mempunyai pengaruh yang keell terhadap perubahan pendapatan saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 127/03 Apr p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PRICE EARNINGS RATIO, PENDAPATAN SAHAM, STOCK EXCHANGES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANDRY APRIAWAN, 049715656UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. SOEDEWI SOEDOROWERDI, Dra., Ec., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 24 Nov 2016 21:58
Last Modified: 05 Jun 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item