PENGUKURAN PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS YANG MENDUKUNG STRATEGI KEUNGGULAN BIAYA GUNA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT.CAKRA GUNA CIPTA MALANG

KARTIKA CANDRA KIRANA, 049812203 E (2003) PENGUKURAN PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS YANG MENDUKUNG STRATEGI KEUNGGULAN BIAYA GUNA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT.CAKRA GUNA CIPTA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
a 120-03 kir p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas merupakan suatu hal yang mutlak apabila suatu perusahaan ingin tetap bertahan dan unggul dalam persaingan. Dimana kualitas tersebut merupakan salah satu kriteria yang menjadi perhatian konsumen selain pertimbangan mengenai harga, desain, dan pelayanan. Agar perusahaan dapat meningkatkan dan menjaga kualitas, maka diperlukan suatu bentuk pelaporan yang dapat mengakomodir informasi-informasi y'ang dibutuhkan sehingga dapat dilakukan analisisi bilamana terdapat penyimpangan-penyimpangan dan untuk selanj utnya diambil tindakan koreksi yang diperlukan. Dengan adanya pelaporan biaya kualitas ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi pihak manajemen untuk memantau perkembangan kualitas yang mengarah pada perbaikan berkelanjutan, sehingga dapal tereipta efisiensi biaya dan peningkatan kualitas. Dengan demikian hal tersebut dapat mendukung strategi keunggulan biaya guna meneiptakan keunggulan bersaing. Penelitian yang dilakukan terhadap PT Cakra Guna Cipta Malang im menggunakan pendekatan penelitian kualitatif melalui metode studi kasus, dengan melakukan survey dan analisa dokumentasi untuk mengetahui keadaan perusahaan secara menyeluruh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan program perbaikan kualitas pada PT Cakra Guna Cipta belum disertai adanya sistem pengukuran, pelaporan, dan pengendalian biaya kualitas sehingga kurang dapat mengetahui secara pasti masalahmaslaah yang sedang dihadapi menyangkut kualitas produknya. Perusahaan ini hanya membuat laporan dan mengendalikan biaya produksi seeara keseluruhan. Oleh karena ilu perusllhaan ini disarankan untuk mulai melakukan pengukuran dan sistcm pelaporan serta pengendalian biaya kualitas yang efektif dan terpadu untuk mencapai tingkat kualitas yang lebih baik scrta penghematan biaya sehingga keunggulan bersaing perusahaan dapat diciptakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
KARTIKA CANDRA KIRANA, 049812203 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 24 Nov 2016 23:19
Last Modified: 06 Jun 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47070
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item