KAPITALISASI SELlSIH KURS PADA SAAT DEPRESIASI RUPIAH LUAR BIASA ATAS PEMBELIAN AKTIVA TETAP SECARA KREDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT "X" DI SURABAYA

YOSEF RISDIANTO, 049414508 (2001) KAPITALISASI SELlSIH KURS PADA SAAT DEPRESIASI RUPIAH LUAR BIASA ATAS PEMBELIAN AKTIVA TETAP SECARA KREDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PT "X" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 121-01.Ris k.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis terhadap PT "X" pada bab-bab terdahulu maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1. Pada dasarnya PT "X" telah melakukan pencatatan atas pembelian aktiva tetap dalam mata uang asing sesuai dengan ketentuan dasar mengenai pengakuan awal, pelaporan pada tanggal neraca dan pengakuan selisih kurs sesuai dengan SAK no. 10. 2. Perusahaan tidak melakukan hedging atas kewajiban dalam mata uang asing sebagai akibat dari pembelian impor aktiva tetapnya (mesin filter) sehingga PT "'X" mengalami kesulitan dalam penyelesaian kewaj ibannya 3. PT "X" tidak menerapkan altematif perlakuan akuntansi terhadap selisih kurs seperti yang ditetapkan dalam ISAK no. 4 sehingga PT "X" mengalami rugi selisih kurs yang lebih besar bila dibandingkan bila PT "x" menerapkan ISAK no. 4. 4. ISAK no. 4 merupakan altematif perlakuan akuntansi terhadap selisih kurs yang dialami oleh perusahaan yang sifatnya optionaL Bila perusahaan tidak menerapkan alternatif ini maka perusahaan hams membebankan kerugian selisih kursnya ke dalam beban lain-lain dalam laba rugi periode berjalan dan bila menerapkan maka perusahaan harus memenuhi ketentuan-ketentuan yangdisyaratkan ISAK no. 4 sehingga dapat mengkapitalisasi rugi selisih kurs atas pembelian aktiva tetap secara kredit dalam mata uang asing ke dalam nilai tercatat aktiva tetap tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
YOSEF RISDIANTO, 049414508UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 24 Nov 2016 23:39
Last Modified: 24 Nov 2016 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47078
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item