PENERAPAN KEBIJAKAN PENILAIAN KEMBALI AKTIVA TETAP DITINJAU DARI ASPEK STRATEGIS DAN PERLAKUAN AKUNTANSINYA (STUDI KASUS PADA PT. MASPION SURABAYA)

TRI BAGUS WAHYtJDI, 049515120 (2001) PENERAPAN KEBIJAKAN PENILAIAN KEMBALI AKTIVA TETAP DITINJAU DARI ASPEK STRATEGIS DAN PERLAKUAN AKUNTANSINYA (STUDI KASUS PADA PT. MASPION SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 124-01.wah p.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kembali merupakan suatu peluang yang diberikan pemerintah melalui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 384/KMK.04/1998 tertanggal 17 September 1998, agar bisa dimanfaatkan pengusaha untuk memperbaiki gambaran keuangan perusabaannya. Peluang untuk menilai kembali aktiva tetap sebaiknya didahului dengan analisa terhadap aspekaspek strategis yang berkaitan dengan penilaian kembali yaitu yaitu political economy, product costing andpricing strategy, dan tax planning. Dari analisa pada bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1. Analisa terhadap aspek political economy menunjukkan adanya kenaikan pada rasio-rasio seperti debt equity ratio, debt to asset ratio dan asset/fIXed asset turn over. Hal ini berarti dalam jangka pendek, kenaikan rasio-rasio ini akan menjamin kemampuan perusahaan dalam membayar dana dari kreditur. Selain itu perusahaan berarti telah mengelola aktiva tetap serta total aktivanya dengan efektif Di lain pihak terdapat penurunan pada rasio-rasio profitabilitas seperti ROE, ROA, Gross Margin dan Net Margin serta rasio Time Interest Earned. Hal ini mungkin akan mengurangi minat investor untuk menanamkan modalnya terutama jika perusahaan akan menjual sahamnya ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
TRI BAGUS WAHYtJDI, 049515120UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 24 Nov 2016 23:53
Last Modified: 24 Nov 2016 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item