TINJAUAN DAN ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA (HRA)UNTUK PENGENDALIAN AKTIVITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (HRD)(STUDI KASUS PADA STIE PERBANAS SURABAYA)

FREDDY INDRAWAN, 049314429 (2001) TINJAUAN DAN ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA (HRA)UNTUK PENGENDALIAN AKTIVITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (HRD)(STUDI KASUS PADA STIE PERBANAS SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 129-01.ind t.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia menjadi sangat berharga dikarenakan adanya kandungan intelektual yang dimiliki oleh sumber daya manusia, yaitu akwnulasi pengetahuan dan keahlian individu yang menjadi sumber inovasi dan regenerasi. Kemampuan intelektual yang menonjol akan segera nampak pada organisasi yang berbasis pengetahuan, diantaranya adalah Perguruan Tinggi. Pengendalian perl u dilakukan atas aktivitas pengembangan tenaga edukatif agar sesuai dengan tujuan dan strategi yang telah ditetapan Perguruan Tinggi. Kajian BRA berupaya menelaah permasalahan ini dengan mengemukakan tiga hal, pertama, pengeluaran atas aktivitas pengembangan tenaga edukatif adalah pengeluaran modal karena memberikan manfaat pada masa depan. Kedua, produktivitas kinerja tenaga edukatif akan mempengaruhi nilai tenaga edukatif lersebut pada Perguruan Tinggi. Ketiga, nilai posisional dari inveslasi yang dilakukan Perguruan Tinggi pada peran tenaga edukatif yang diharapkan Perguruan Tinggi perlu dipertimbangkan dari kemungkinan terjadinya furn-over. Dari tiga sudut pennasalahan ini ruang lingkup lIRA meliputi yaitu pengakuan sumber daya manusia sebagai aset dengan konsep biaya historis (Human Resource Cusf Accuunfing), pengukuran atas nilai ekonomis sumber daya manusia (Human Vulue ACcouflling) dan pengukuran atas biaya pengganti posisional dan pribadi (Human Resuurce Replw.:ement Cus/).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
FREDDY INDRAWAN, 049314429UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 25 Nov 2016 00:16
Last Modified: 25 Nov 2016 00:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item