IMPLEMENTASI TAX PLANNING DAN PENGARUHNYA TERRADAP UPAYA LEGAL EFlSIENSI PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN (STUDI KASUS PADA PT. X SURABAYA)

SUHARNANI (2002) IMPLEMENTASI TAX PLANNING DAN PENGARUHNYA TERRADAP UPAYA LEGAL EFlSIENSI PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN (STUDI KASUS PADA PT. X SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 68-03 SUH I.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minimalisasi biaya pajak dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang masih ada dalam bingkai peraturan perpajakan sampai dengan yang melanggar peraturan perpajakan. Upaya minimalisasi pajak sering disebut dengan tax planning. Umumnya perencanaan pajak merujuk pada proses merekayasa usaha dan transaksi wajib pajak supaya hutang pajak berada dalam jumlah yang minimal tetapi masih dalam bingkai peraturan perpajakan. Namun perencanaan pajak juga dapat berkollotasi positif sebagai perencanaan pemenuhan kewajiban perpajakan secara tepat dan benar, sehingga dapat menghindari pemborosan sumber daya secara optimal. Konsep penstrukturan terhadap seliap transaksi yang memuat potensi pajak dilakukan agar pembayaran pajak menjadi lebih ensien, dengan cara mengevaluasi beberapa altematif legal yang tersedia. Pemilihan altematif tersebut juga harus dilakukan secara hati-hati melalui analisis tentang etisiensi pajak yang diperoJeh dengan biaya yang harus dikeluarkan, karena tidak setiap altematif yang dipilih akan menghasilkan efisiensi apabila dihubungkan dengan tujuan akhir perolehan laba bersih setelah pajak. Harus dianalisa efisiensi pembayaran pajak yang diperoleh dengan pengorbanan yang harus dikeluarkan. Tax planning yang diterapkan di PT. "X" Surabaya, dilakukan dcngan beberapa eara yaitu : (1) memaksimalkan biaya-biaya fiskal antara lain biaya makan dan tnmsportasi, biaya pendidikan dan pelatihan, biaya pengobatan karyawan, (2) dengan memberikan tunjangan tidak dalam bentuk natura, yaitu tunjangan yang semula diberikan dalam bentuk sembako (beras,minyak,gula) diganti dengan uang tunai, (3) cara yang terakhir adalah pajak penghasilan karyawan yang ditanggung oleh perusahaan diganti dengan tunjangan pajak. Dengan penerapan tax planning tersebut diatas perusahaan mendapatkan keuntungan berupa penghematan pajak yang sangat signifikan, dengan maksimalisasi biaya-biaya fiskaJ akan mengurangi biaya pajak perusahaan, dan akan berpengaruh pula terhadap besamya laba setelah pajak yang dihasilkan pcrusohoun. Penerapan tax planning yang tepat dan benar, akan memberikan keuntungan bagi perusahaan yaitu perusahaan dapal menghe'1lat pengeluaran perusahaan, terutama biaya pajak, pemantaalan swnbcr daya pcrusahawl dapal Icbih optimal sehingga perusahaan dapat menentukan waktu pembayaran pajak dengan tepat, sehingga sanksi administrasi yWlg bcrupa dcnda ataupun bunga alau sanksi pidana dapat dieliminasi. Perusahaan juga dapat menyusun anggaran kas secara tepat dan akurat sesuai yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A. 68-03 Suh i (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: TAX PLANNING; LEGAL EFlSIENSI; PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN; WAJIB PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SUHARNANINIM049122432-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMIENATI SOMYA LASMANA, Dra., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:16
Last Modified: 25 Nov 2016 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item