PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM LQ 45 DI PASAR MODAL INDONESIA

R. NIMISIUS TJAHJO WIDODO, 049420340-E (2000) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM LQ 45 DI PASAR MODAL INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 05-01 Wid p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: HTTP:/WWW.LIB.UNAIR.AC.ID

Abstract

Kebutuhan untuk melakukan penilaian kinerja operasional diperlukall banyak pihak yang mempunyai kepentingan langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas usaha perusahaan. Bennacam-macam analisa yang digunakan untuk melakukan analisa kinerja operasional. Tetapi jarang ada suatu ukuran kinerja yang memperhatikan kepentingan stakeholder. Economic Vallie Addcd (EVA) merupakan suatu analisa untuk mengukur kinerja operasional perusahaan dengan secara "adil' memperhatikan juga kepentingan illvestor (stakeholder). AI<l1 ukur kinerja operasional lainnya selama ini mengabaikan cost of capital y<lng merupakan bagian yang sangat penting dalam perhitungan EVA unluk mengetahui biaya modal saham. . Penelitian yang telah dilakukan di Amerika Serikat menunjllkkan bahw<l hasil analisa EVA terbukti berkorelasi sang at signijikall dengan perllhahan h<lrga sahamnya di pasar modal. Hal ini membuktikan i>ahwa EVA memperhitllngkan kepentingan para investor dalam melakukan analisa llllle/omelltal schclulll melakllkan keputusan illvestasi. Pasar modal di Indonesia yang berbeda kondisi serta perilaku illveSlOr dalam melakukan keplltllsan illvestasi menimbulkan dugaan m.tanya pengantll EV A terhadap harga sahamnya. Penelitian yang dilakukan ini bersifat in vestigasi. Sampel yang diamhil adalah semua perusahaan yang secara bertumt-tumt selama tahllll 1994-J996 masuk dalam daftar L Q 45. Data harga saham yang diambil adalah selama tahun 1995-t997. Guna mellgetahui actual return investor, maka diambil data harga saham awal hulan dan akhir bulan. Tehnik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS. Dari hasil anal isis yang telah dilakukan, diperoleh kesimplllan bahwa terdapat korelasi tetapi tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa harga saham yang terjadi di pasar modal Indonesia dipengaruhi oleh faktor eksterna I perusahaan. Perilaku investor dalam melakukan keputusan illvestasi lebih banyak dipengaruhi oteh faktor eksternal perusahaan dan bukan nilai intrinsik perusahaan. Terdapat pula tenman lainnya yaitu bahwa hasil analisis kemungkinan juga dipengamhi oleh sifat dari saham yang terdapat dalam daftar L Q 45 yang mempunyai liqlliditas tinggi dan kapitalisasi yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 05/01 Wia p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ECONOMIC VALUE ADDED, PASAR MODAL INDONESIA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334 Economic aspects. Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
R. NIMISIUS TJAHJO WIDODO, 049420340-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorARSONO LAKSMANA, Dr., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Nov 2016 16:52
Last Modified: 07 Jun 2017 21:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47126
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item