PENGARUH PENGAKUAN PENDAPATAN PREMI DAN BEBAN KLAIM TERHADAP KEWAJARAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ASURANSI KERUGIAN (STUDI KASUS PADA PT.LIPPO GENERAL INSURANCE, Tbk)

ENIK IDAWATI, 040016797 (2004) PENGARUH PENGAKUAN PENDAPATAN PREMI DAN BEBAN KLAIM TERHADAP KEWAJARAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ASURANSI KERUGIAN (STUDI KASUS PADA PT.LIPPO GENERAL INSURANCE, Tbk). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 08-05 Ida p.pdf

Download (495kB) | Preview
Official URL: HTTP:/WWW.LIB.UNAIR.AC.ID

Abstract

PT.L1ppo General Insurance,Thk merupakan salah satu perusahaan asuransi yang bergerak dibidang asuransi kerugian. Sebagai perusahaan asuransi khususnya asuransi kerugian, PT.Lippo General Insurance,Thk, memiliki beberapa kesulitan dalam menial?·:kan usahanya. Salah satu diantaranya adalah kerumitan dalam penyajian laporan keuangan yang wajar karena merupakan bisnis ketidakpastian. Usaha asuransi kerugian memiliki karateristik khusus yang membuat transaksi asuransi dan akuntansi asuransi meJUadi khas. Premi diterima dan atau diketahui, sementara klaim atau manfaat asuransi belum terjadi dan diliputi ketidakpastian kejadiannya. Bahkan untuk beberapa produk diliputi ketidakpastian baik kejadiannya maupun jumlahnya. Pada PT.Lippo General Insurance,Thk, pencatatan pendapatan premi menggunakan metode akrual dan pencatatan beban klaim menggunakan dasar alokasi yang sistematis dan rasional serta diakui dengan segera (immediate recognition). Selain karena PT.Lippo General Insuramce,Thk merupakan salah satu perusahaan asuransi kerugian yang terkenal dan sahamnya terbuka untuk mnurn, fenomena diatas menambah minat penulis untuk mengetahui bagaimana pengakuan pendapatan premi dan beban kalim terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan pada perusahaan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini ditujukan pada PT.Lippo General Insurance,Thk Surabaya dengan obyek penelitian pada pengakuan pendapatan premi dan beban klaim serta pengaruhnya terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan pada PT.Lippo General Insurance,Thk Surabaya. Simpulan pada bab terakhir ini bahwa perlakuan akuntansi untuk pendapatan premi menggunakan dasar akrual dan pencatatan atas beban klaim dengan dasar alokasi yang sistematis dan rasional dan pengakuan segera. Saran yang diajukan kepada perusahaan atas praktek akuntansi yang diterapkan adalah sebaiknya perusahaan Hendaknya pengakuan beban komisi dilakukan sebanding dengan pengakuan pendapatan premi, tidak sekaligus pada periode yang bersangkutan, tetapi dibagi rata sesuai dengan umur manfaat polis. Karena pada dasarnya beban komisi ini dapat dihubungkan dengan pendapatan premi yang diperoleh.Sebaiknya pendapatan investasi yang diperoleh perusahaan asuransi kerugian diatur pengakuannya pada PSAK No.28 revisi 1996.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 08/05 Ida p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PENDAPATAN PREMI ,BEHAN KLAIM ,LAPORAN KEUANGAN ,PERUSAHAAN ASURANSI
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334 Economic aspects. Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ENIK IDAWATI, 040016797UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHANNY WURANGIAN, Drs. Ec. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Nov 2016 19:37
Last Modified: 25 Nov 2016 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item