LEGITIMASI DAN DOMINASI KEKUASAAN (Studi Mengenai Krisis Reproduksi Legitimasi dan Dominasi Kekuasaan Orde Baru Era 9O-an)

NURBANI JUSUF, 079314077 (1999) LEGITIMASI DAN DOMINASI KEKUASAAN (Studi Mengenai Krisis Reproduksi Legitimasi dan Dominasi Kekuasaan Orde Baru Era 9O-an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 29-99 JUS L SDH.pdf

Download (895kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai dengan awal 90-an rezim orde Baru, masih menunjukkan sifat konservatif dalam upaya mempraduksi legitimasi dan daminasi kekuasaan. Karakteristik tersebut tampak dad beberapa beii:tuk pengendalian yang telah dilakukan jauh hari ketika Orde Baru mengkonsolidasi kekuatan pada awal kekuasaan. Publikasi pencapaian tingkat pertumbuhan ekanami yang mengesankan yang tercermin dalam tampilan angka-angka stat~stik merupakan s~~daran utama yang menapang legitimasi kekuasaan Qrde Baru. Sementara dominasi kekuasaan timbul ketika rezim yang berkuasa berhasil melalrukan tindakan pengawasan ketat terhadap arganisasi prafesi dengan pewadahan tunggal yang direstul. Sementara militer -dengan alasan hlstarlsdllibatkan dalam struktur kelruasaan dengan tampilnya wakil millter dalam dewan lewat mekanisme pengangkatan. Juga menentukan pemilihan flgur yang dinilal kaoperatif untuk duduk dalam tampuk plmplnan partai politik maupun strategi pengambangan Massa yang malah ~~njadlkan masyarakan teralienasi darl proses palitik. Akhirnya Orde Baru menjelma menjadl kekuatan yang relatlf atonam mengingat tidak efektifnya fungsi kontral yang dilakukan aleh anggata dewan, pada sisl lain kekuatan kritis dalam masyarakat relatif dapat dijlnakkan dengan strate'll pembentukan arganisasi yang korporatif . Ternyata legitimasl dan dominasi kekuasaan Orde Baru mengidap kekurangan yang sangat serLUS. Pencapalan keduanya bukanlah karena didapatkan dari kesadaran berupa pengakuan terhadap hal<: yang dlmiliki untuk menj alankan kelruasaan namun karena ketertundukan akibat berhasilnya pengendallan rezim yang sangat refreslf. Akibatnya legitlmasi dan dom1nasi yang terjadi hanya bersifat semu. Terbukti ketika krisis ekonami akibat merasotnya sel1sih nilai tuk:ar mata uang datang serentak tumbang pulalah legitimasi dan dominasi kekuasaan yang selalu dicapai dengan mengagungkan kesuksesan mencapai tingkat pertumbuhan eko~t.mi yang belakangan ternyata dibangun dengan pandasi yang sangat rapuh karena dipenuhi dengan praktek yang sangat ctistarsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FISIP 29-99 Jus l (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: LEGITIMASI; KEKUASAAN
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NURBANI JUSUF, 079314077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKris Nugroho, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Nov 2016 16:06
Last Modified: 08 Jun 2017 18:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item